Home » » Festival Gerhana Matahari Cincin Dongkrak Ekonomi Kreatif Tanjungpinang

Festival Gerhana Matahari Cincin Dongkrak Ekonomi Kreatif Tanjungpinang

Posted by INDONESIA MANDIRI on Sabtu, 28 Desember 2019

Tanjungpinang jadi salah satu spot terbaik menikmati gerhana matahari cincin
Tanjungpinang (IndonesiaMandiri) – Festival Gerhana Matahari Cincin Tanjungpinang, Kepulauan Riau, pada 23-26 Desember mampu mengangkat sektor ekonomi kreatif di wilayah tersebut dan sekitarnya. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Tanjungpinang Surjadi mengatakan Festival Gerhana Matahari Cincin mendapatkan respons positif dari wisatawan yang hadir.

“Festival ini berisi tentang pengetahuan astronomi, panggung kreativitas, parade musik, hingga bazaar. Serta digelar dalam 3 venue berbeda, Hall TCC Mall, Gedung Kesenian Aisyah Sulaiman, dan Pelataran Gedung Gonggong,” katanya. Acara pertama digelar Workshop Ilmu Falaq (Perbintangan)-Riwayat dan Sejarah yang digulirkan di Hall TCC Mall.

“Kami gembira karena respons publik bagus sejak awal. Wisatawan antusias dan tertarik dengan fenomena Gerhana Matahari Cincin. Untuk memberikan pemahaman, kami menyampaikan berbagai pengetahuan terkait fenomena ini termasuk Falaq. Pengetahuan yang didapat diharapkan menambah wawasan wisatawan. Kabar baik yang lain adalah ekonomi kreatif kami terangkat dan sangat bergerak,” ungkapnya.
“Ilmu Falaq sangatlah penting meski teknologi sekarang sudah sangat modern.

Dalam aplikasianya secara Islam, Falaq memiliki peranan penting terhadap pelaksanaan ibadah. Sebut saja, arah kiblat beserta bayangannya, tata waktu shalat, awal bulan, hingga gerhana. Gerhana Matahari Cincin ini juga termasuk di dalamnya,” terang Surjadi.

Adapun Gerhana Matahari Cincin terjadi saat posisi segaris dari matahari, bulan, dan bumi. Pada momentum ini, posisi bulan yang teramati lebih kecil dari rupa matahari. Secara geografis, Tanjungpinang menjadi spot terbaik menikmati fenomena alam ini. Di sini, wisatawan bisa menikmati Gerhana Matahari Cincin dengan durasi sekitar 3 menit 36 detik (ag/ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala