Home » » Indonesia Kirim Delegasi Terbaik Dalam Pertemuan Hidrografi Dunia Di Monaco

Indonesia Kirim Delegasi Terbaik Dalam Pertemuan Hidrografi Dunia Di Monaco

Posted by Indonesia Mandiri on Oktober 21, 2019


Jakarta (IndonesiaMandiri) - Indonesia mengirimkan delegasi guna hadiri pertemuan 3rd IHO (Lembaga Hidrografi Internasional)!Council di Monte Carlo Monaco, 15-17 Oktober 2019. Delegasi Indonesia terdiri dari Wakil Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL/ Wakapushidrosal Laksma TNI Trismadi mewakili Kapushidrosal beserta dua perwira menengah Pushidrosal yaitu Kolonel Laut (P) Oke Dwiyana Pribadi, Kadispeta dan Letkol Laut (P) Franciscus Asisi Mahendra, Kasubdit Kerjasama.

Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro menyampaikan Indonesia melalui Pushidrosal terpilih secara aklamasi mewakili Regional East Asia Hydrographic commissiom (EAHC) sebagai anggota IHO council periode 2017 – 2020. Dalam hal ini, kehadiran Indonesia di forum tersebut mewakili EAHC.

Kehadirqn Pushidrosal sebagai anggota IHO Council selain mendukung kebijakan nasional khususnya di aspek peningkatan kapasitas dan kapabilitas khususnya dalam penyelenggaraan kewajiban nasional di bidang hidrografi, juga beri manfaat dalam peningkatan kemampuan Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional sebagai penyedia data kelautan berupa Peta Laut Indonesia dan publlikasi maritim lainnya untuk mendukung, menjamin keselamatan navigasi dan pelayaran secara umum di Indonesia.

IHO menyebut tanpa adanya dukungan kantor hidrografi, tak ada pelabuhan yang bisa disinggahi, tak ada kapal laut dapat berlayar secara aman dan tak ada infrastruktur kawasan pantai yang dapat dikembangkan secara optimal. Pembangunan fasilitas fisik dan keselamatan pelayaran dari aspek navigasi sangat bergantung data hidrografi, survei hidrografi untuk mendukung pembangunan pelabuhan serta penyiapan peta laut (paper charts maupun electronic charts).

Disinilah peran strategis Pushidrosal memberikan kontribusi positif kepada organisasi internasional/IHO. Rapat Council merupakan acara tahunan dihadiri negara yang duduk sebagai council di IHO termasuk Indonesia. Council sendiri merupakan salah satu Organisasi utama pada struktur organisasi IHO, disamping secretariat IHO dan Komite keuangan, saat ini chairman IHO Council dijabat oleh Rear Admiral Shepard M. Smith dari Amerika Serikat (rm).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala