Home » » Diplomasi untuk Memenangkan NKRI, bukan mengalah...

Diplomasi untuk Memenangkan NKRI, bukan mengalah...

Posted by INDONESIA MANDIRI on Februari 22, 2015

Jakarta (Indonesia Mandiri) - Penolakan Duta Besar Indonesia untuk Brasil adalah sebuah latihan Departemen Luar Negeri kita untuk lebih pro aktif dalam segala hal, di bidang Ipoleksosbud Hankamnas.

Situasi ini adalah sebuah kondisi yang baik untuk Departemen Luar Negeri kita, untuk memperlihatkan kepiawaiannya dalam berdiplomasi bagi memecahkan kebuntuan hubungan diplomatik, yang intinya harus memenangkan NKRI, baik dalam Opini Internasional, maupun an sich dimana Diplomat kita ditempatkan di negara bersangkutan.

Sampai saat ini kita sebagai masyarakat awam, hanya dikenalkan dengan Nota Protes saja, yang sebenarnya masih banyak perangkat diplomatik yang dapat dimainkan oleh Diplomat kita, apalagi dengan melihat NKRI yang kaya akan segala macam sumber daya alam ini

Ingat !!! Diplomasi bukan mengalah, tetapi dengan tutur kata yang elegant, dan dasar pengetahuan yang mumpuni, untuk membuat KO pihak lawan. Kapabilitas inilah yang diperlukan oleh setiap Diplomat kita. Sehingga secara individual, diplomat kita dituntut untuk menguasai Ipoleksosbud Hankam negara-negara dimana mereka ditempatkan. Jadi kepiawaian diplomasi ini, bukan hanya dibebankan pada Duta Besar semata.

Semoga kondisi ini membawa hikmah bagi kemajuan pola Diplomasi kita dimasa-masa mendatang.

Sapto Satrio Mulyo

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala