Home » » Berkarya Di masa pandemi

Berkarya Di masa pandemi

Posted by Indonesia Mandiri on Juli 12, 2021

Usup sedang memberi pelatihan
Subang (IndonesiaMandiri) – Perca kain yang banyak dihasilkan oleh industri, ternyata jika dikelola dengan baik mampu meningkatkan Nilai ekonominya.

Hal ini juga dilakukan sekelompok pemuda di bilangan Dusun Sukaresmi  desa Pabuaran - Subang. 

Kelompok yang diprakarsai oleh Tatang Sutisna, Usup Supriadi, Andri Rosadi, dan Ari mencoba menggaet beberapa pengusaha untuk diajak bekerjasama memproduksi majun atau kain lap yang berbahan potongan perca.

Imam (kiri) kunjungan kerja, Toing (Peci Hitam)
Ditemui di lokasi kerja Mereka, Tatang  yang akrab disapa Toing menjelaskan "ide ini berawal Dari seringnya saya melihat banyak kain perca yang kadang tidak dilirik, karena nilai ekonomisnya rendah, akhirnya kami bersama mencoba membuat  proposal bisnis dan akhirnya jadilah workshop ini" ujarnya.
 
Disampaikan oleh Toing, lokasi workshop miliknya juga membuka pelatihan menjahit untuk mereka yang ingin memiliki keahlian, selanjutnya akan ditawarkan kerjasama memproduksi majun.

Proses pemisahan ukuran perca oleh Andri
"Kami juga membuka diri untuk Melatih warga atau siapapun yang ingin memiliki skill menjahit" pungkas Usup yang didapuk sebagai instruktur di workshop mereka. 

Toing menyampaikan bidang usaha ini mampu memberikan benefit yang baik jika betul betul ditekuni, dan memiliki potensi yang baik bagi warga juga, karenanya sangat penting jika usaha ini dikembangkan bersama secara profesional dengan berbagai pihak dan instansi. 

Hasil Produksi
"Usaha ini mungkin terlihat terlalu sederhana, tetapi saya yakin mampu memberikan hal positif terlebih derivative kain perca juga masih banyak untuk dijadikan produk kreatifitas bernilai ekonomis, dan akan mampu menjadi solusi ekonomi di Masa Pandemi ini" pungkas Andri anggota team yang bekerja di salah satu perusahaan di sekitar wilayah ini.

Di akhir perbincangan, Toing menyampaikan pentingnya membangun kerjasama untuk mengembangkan usaha Berbasis Padat Karya ini, " jika terdapat nilai ekonomi di Sekitar kita, rasanya tidak Perlu jauh keluar mencari pekerjaan "

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri