Home » » Danau Toba Dilengkapi Persemaian Modern

Danau Toba Dilengkapi Persemaian Modern

Posted by Indonesia Mandiri on Juni 13, 2021

Tata kelola lingkungan sekitar Danau Toba terus dibenahi
Danau Toba/Sumut (IndonesiaMandiri) – Presiden Jokowio beberapa waktu lalu menginstruksikan untuk melakukan upaya Rehabilitasi Hutan dan Lahan/RHL secara besar-besaran untuk menangani degredasi lingkungan dan bencana. Menindaklanjuti nya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tengah membangun sejumlah persemaian modern di beberapa wilayah Indonesia.

Persemaian modern yang tengah dan akan dibangun terdapat di beberapa wilayah, antara lain, di Kalimantan Timur (120 Ha), sekitar kawasan pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara (37,25 Ha), Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (30 Ha), Mandalika, Nusa Tenggara Barat (32,25 Ha) dan Likupang, Sulawesi Utara (30,33 Ha).

Menteri LHK Siti Nurbaya saat meninjau persemaian modern di Danau Toba (12/6) mengatakan, untuk rencana penanaman dalam rangka RHL, diantaranya ada di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja dan Desa Pearung, Kecamatan Lintong Ni Huta, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Upaya RHL di daerah tangkapan air (DTA) Danau Toba, sejak 2015 hingga 2021 telah dilakukan RHL seluas 5.098 Hektare (Ha). Di DTA Danau Toba juga telah dibangun Kebun Bibit Rakyat (KBR) sebanyak 30 unit dan Kebun Bibit Desa (KBR) sejumlah 18 unit untuk menyediakan bibit pohon. Jumlah bibit pohon disalurkan untuk RHL sejak 2015 hingga saat ini telah mencapai lebih kurang 3 juta bibit pohon.
Menteri LHK Siti Nurbaya cek langsung persiapan persemaian modern di Danau Toba
Sehari sebelumnya (11/6), di Parapat, tepi Danau Toba, Siti bertemu dan berdiskusi dengan beberapa bupati di Provinsi Sumut yang daerahnya berada di sekitar Danau Toba. Tampak hadir diantaranya adalah Bupati Toba, Bupati Humbang Hasundutan, Bupati Simalungun, Bupati Dairi.

Siti sempat berdialog dengan organisasi masyarakat sipil Kelompok Studi dan Pengembangan Prakarsa Masyarakat (KSPPM) di Parapat, untuk mendengarkan keterangan dari perwakilan masyarakat terkait persoalan yang terjadi di sekitar Danau Toba.

Menurut Siti, pemerintah telah membuat sejumlah aksi korektif atas kebijakan yang kurang ideal. Ia memastikan pemerintah hadir untuk memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri