Agustini Rahayu, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf / Baparekraf

Jakarta (IndonesiaMandiri) – Bagi perempuan bernama Agustini Rahayu – akrab disapa Ayu – peringatan Hari Kartini yang selalu diperingati pada 21 April

Hari Kartini, Simbol Penguatan Pemberdayaan Perempuan Indonesia
Kesibukan Ayu disamping menghadapi awak media juga menjadi moderator acara
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Bagi perempuan bernama Agustini Rahayu – akrab disapa Ayu – peringatan Hari Kartini yang selalu diperingati pada 21 April, memiliki makna mendalam sebagai simbol penguatan pemberdayaan perempuan Indonesia.

Ayu, yang kini menjabat sebagai Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), dalam posisinya yang sangat strategis saat ini, selalu tampil di depan menyuarakan lembaganya dalam kampanye sektor parekraf di Tanah Air, baik di dalam maupun luar negeri.

Pengalamannya di Kementerian Pariwisata lebih dari 20 tahun, telah banyak mengisi berbagai posisi penting, seperti Kasubdit Wilayah Eropa (2013), Kepala Bidang Komunikasi Media Elektronik (2015), Kepala Bidang Kemitraan Industri Pariwisata (2018), Asisten Deputi Pemasaran (2018) hingga kini menjadi Kepala Biro Komunikasi, menjadikannya ia kian akrab dengan awak media.

Perempuan Indonesia di sektor pariwisata kerab tampil di depan
Ayu yang menyandang gelar Sarjana Teknik (S-1), Magister Ilmu Komunikasi (S-2), dan kandidat Doktor Ilmu Komunikasi dari University of Arts, London, menilai pentingnya perempuan Indonesia meraih cita-cita setinggi mungkin. Perempuan kelahiran Agustus 1975 yang gemar travelling dan bersepeda ini, memberikan pandangannya tentang makna peringatan Kartini kepada Indonesiamandiri. Berikut petikan wawancaranya:

Indonesiamandiri (IM). Bagaimana anda menilai relevansi perjuangan kartini diera mileneal saat ini?

Agustini Rahayu (AR). Hari Kartini memiliki makna yang mendalam sebagai simbol atau upaya penguatan pemberdayaan perempuan di Indonesia. Menjadikan perempuan harus percaya diri dengan usaha yang tekun ikut melakukan perubahan.

Perempuan tidak perlu ragu untuk melangkah dan mendapatkan pendidikan yang tinggi untuk berkarier sesuai dengan potensi yang dimiliki. Perempuan modern dapat bebas berekspresi mewujudkan ide-ide kreatif serta menyuarakan hasil pemikiran.

IM. Sebagai perempuan yg aktif di sektor kepariwisataan, kontribusi apa yang paling penting diperankan perempuan?

AR. Perempuan Indonesia memiliki peran yang besar. Hal sederhana bisa dilihat ketika kita berada di destinasi, dimana wanita kerap menjadi garda terdepan dalam menyambut wisatawan. Tari-tari daerah yang begitu memukau banyak dibawakan para wanita. Begitu juga ketika kita melihat para pengrajin yang memproduksi produk-produk kreatif bernilai tinggi yang disukai wisatawan.

Apa yang dilakukan perempuan Indonesia ini tidak hanya menjadi etalase atas kekayaan, keindahan khazanah budaya Indonesia yang menarik bagi wisatawan. Tapi apa yang mereka lakukan adalah turut memastikan kekayaan budaya Indonesia tetap lestari dan berkelanjutan.

Dalam konteks keadaan saat ini, perempuan Indonesia juga harus mengambil peran dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dari diri sendiri dan menyebarluaskannya ke lingkungan terdekat seperti keluarga hingga di kehidupan masyarakat.

Penerapan protokol kesehatan menjadi syarat utama yang harus dijalankan masyarakat dan seluruh pihak saat ini agar tetap produktif namun tetap aman dari COVID-19. Jadi, apapun kegiatannya, termasuk pariwisata, masyarakat harus dapat memastikan penerapan protokol kesehatan yang disiplin serta baik dan benar. Dan perempuan Indonesia di berbagai daerah juga punya andil yang besar dalam mewujudkannya.

IM. Indonesia sebagai salah satu negara besar di dunia, telah melahirkan banyak perempuan hebat, baik di tingkat nasional dan internasional. Apa saja yg perlu ditingkatkan untuk berdayakan peran perempuan Indonesia kedepan?

AR. Banyaknya perempuan hebat Indonesia baik di tingkat nasional dan internasional menggambarkan peran perempuan di era modern ini sangat besar. Menunjukkan semakin terbukanya ruang bagi perempuan untuk ikut andil pada sektor pembangunan dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan di pemerintahan. Ruang yang membuat perempuan dapat bebas mewujudkan ekspresi, mimpi, ide kreatif serta hasil pemikiran.

Perempuan Indonesia tidak perlu ragu untuk mengambil peran. Dan yang terpenting adalah menyebarluaskan semangat bersama untuk terus berkarya, pendidikan dan berkontribusi di tengah masyarakat. Semangat ini yang perlu terus ditingkatkan dan diberdayakan.

IM. Apa kesan, pesan anda terkait Hut kartini saat ini untuk perempuan  Indonesia kini dan kedepan?

AR. Perempuan tidak perlu ragu untuk melangkah karena memiliki hak dan kesempatan yang sama. Kejar pendidikan tinggi demi cita-cita, dorong percaya diri dalam berkarier. Bukan sekadar memenuhi perekenomian diri atau keluarga, tapi juga sebagai teladan bagi perempuan-perempuan lain.

Ayu ingatkan perempuan Indonesia tak perlu ragu untuk melangkah
Saat ini sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tengah berupaya bangkit dari dampak pandemi COVID-19. Lebih dari 30 juta masyarakat bergantung pada sektor ini, sudah sepatutnya wanita turut mengambil peran dalam peningkatan sektor ini (ma).

Foto: Dok Kemenparekraf

Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Agustini Rahayu, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf / Baparekraf
Agustini Rahayu, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf / Baparekraf
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Bagi perempuan bernama Agustini Rahayu – akrab disapa Ayu – peringatan Hari Kartini yang selalu diperingati pada 21 April
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgacgAJstcfVHKBA-m0YkFcjmzsylR6I6n0SYATdFQT4yfQbivVuWy63_-IMz770b8nkuBeFvpEwf6vmcd6vzhoSS-aerFdS7ZlbZF4_hv33PTK4_9K5LNpTqO6DZ8krQLrDZZ-1ZWMWFE/w400-h268/ayu_komblik.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgacgAJstcfVHKBA-m0YkFcjmzsylR6I6n0SYATdFQT4yfQbivVuWy63_-IMz770b8nkuBeFvpEwf6vmcd6vzhoSS-aerFdS7ZlbZF4_hv33PTK4_9K5LNpTqO6DZ8krQLrDZZ-1ZWMWFE/s72-w400-c-h268/ayu_komblik.jpeg
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/04/agustini-rahayu-kepala-biro-komunikasi.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/04/agustini-rahayu-kepala-biro-komunikasi.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy