Home » » Kini, Layanan Logistik Selayar-Surabaya Resmi Beroperasi

Kini, Layanan Logistik Selayar-Surabaya Resmi Beroperasi

Posted by INDONESIA MANDIRI on September 14, 2020

Kejayaan Selayar di masa lalu bakal bangkit kembali dengan beroperasinya kembali pengiriman logistik
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Rute pengiriman logistik lewat peti kemas Selayar-Surabaya, resmi beroperasi pasca diluncurkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasim (Kemenko Marves), diwakili Sekretaris Deputi bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Lukijanto, di Pelataran Pelabuhan Rauf Rahman Benteng Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), 9 September 2020 lalu. 

"Sesuai dengan amanat pemerintah untuk membuat pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru, maka kami terus mengkoordinasikan dan siinergikan berbagai K/L (Kementerian/Lembaga) terkait agar hal ini terwujud. Semoga ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Selayar. Yang paling penting ialah perlahan mengembalikan kejayaan Selayar di bidang maritim," ujar Lukijanto melalui keterangan resminya (14/9).
Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Marjani Sultan menambahkan, momentum launching perdana pengiriman barang peti kemas Selayar-Surabaya dan sebaliknya, dapat merefleksikan perjalanan panjang daerahnya, serta adanya keinginan yang kuat dari segenap komponen masyarakat, untuk mengembalikan eksistensi dan kejayaan Selayar.
"Dari sisi pembangunan ekonomi, sosial dan budaya, dapat kembali diperhitungkan dalam konteks regional, nasional bahkan internasional dengan modal utama keuggulan potensi daerah. Lebih khususnya lagi yaitu posisi strategis Selayar pada episentrum bahari nusantara," jelas Marjani, mewakili Bupati Kabupaten Selayar.
Setelah Lukijanto meresmikan layanan pengiriman logistik, dilanjutkan meninjau driver container serta penandatanganan MOU antara PD. Berdikari dengan PT. INDO OIL perkasa dan PT Bumi Indo Jaya Gemilang. Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Sulsel Jayadi Nas mewakili Gubernur Sulsel, Muhammad Basir mewakili Direktur Utama PT. Pelindo IV Makassar, Kapolres Kepulauan Selayar, Dandim 1415 Kepulauan Selayar, Kajari Kepulauan Selayar, Para kepala OPD dan warga.
Dari situs resmi National Geoghraphic, Selayar punya peran penting dalam kejayaaan maritim Nusantara, antara lain melalui perdagangan rempah-rempah di Moluccan alias Maluku, yang nantinya rempah-rempah tersebut (Pala, Cengkeh, Lada dan lainnya) akan beredar ke seluruh penjuru nusantara dan belahan dunia lain. Pulau ini menjadi tempat singgah para pedagang untuk mengisi armada lautnya dengan sejumlah bekal sembari menunggu musim yang baik untuk berlayar. Dari situlah, muncul kata “Selayar” (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala