Home » » Pemerintah Perbarui Mekanisme Anggaran Atasi Bencana Alam

Pemerintah Perbarui Mekanisme Anggaran Atasi Bencana Alam

Posted by Indonesia Mandiri on Januari 05, 2019

Anggaran kebencanaan akan diatur lebih fleksibel
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Musibah atau bencana alam yang kerap menimpa berbagai daerah di Indonesia, menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Pemerintah. Tak hanya soal mitigasi bencana, tetapi yang tak kalah pentingnya adalah soal anggaran yang harus dipersiapkan guna membantu korban atau masyarakat terkena bencana.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah menjelaskan tentang pengelolaan dana bencana akan seperti asuransi bencana. Sehingga, tidak hanya berada dalam pos anggaran di Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB.

Ada semacam dana darurat atau on call, yang kapanpun bisa dimanfaatkan saat bencana alam terjadi. Dalam APBN 2019, Kementerian Keuangan/Kemenkeu sudah memasukkan anggaran kebencanaan hingga satu triliun rupiah. Nantinya ada lembaga khusus yang mengelola anggaran kebencanaan, diberi nama Badan Layanan Umum (BLU).

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Suahasil Nazara menerangkan, lembaga baru tersebut bertindak sebagai administrator yang mengatur penggunaan dana kebencanaan (ma).

Foto: Istimewa

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala