Home » » KLHK Komitmen Benahi Pemulihan Danau Prioritas

KLHK Komitmen Benahi Pemulihan Danau Prioritas

Posted by Indonesia Mandiri on Januari 20, 2019

Pemulihan lingkungan danau terus dipantau KLHK

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan/KLHK terus berusaha memulihkan kondisi lingkungan di 15 danau prioritas sesuai target pemulihan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 – 2019. Danau Toba di Provinsi Sumut dan Danau Maninjau di Provinsi Sumbar menjadi contoh upaya KLHK untuk menangani pencemaran lingkungan danau.

Kerusakan lingkungan yang terjadi di Danau Toba telah diinventarisasi KLHK bersumber dari beberapa kegiatan baik oleh perusahaan maupun masyarakat, seperti residu pakan ikan akibat kegiatan Keramba Jaring Apung (KJA), pertanian di sempadan danau, residu pestisida kegiatan pertanian yang masuk ke danau, penambangan pasir di tepi danau, pengolahan tanah tanpa prinsip konservasi tanah air yang rentan menyebabkan erosi, serta pembuangan sampah di tepi danau.

"Pencemaran atau kerusakan lingkungan di Danau Toba tidak akan terjadi asalkan dilakukan penataan zonasi dan menaati rambu-rambu konservasi lingkungan dan menerapkan prinsip ramah lingkungan," ujar Menteri Siti pada menghadiri Rapat Kerja dengan para Anggota Komisi VII DPR RI (18/1).

Menteri Siti juga menambahkan bahwa tanggung jawab pemulihan danau prioritas bukan hanya menjadi tanggungan KLHK saja, tetapi bersinergi dengan instansi lainnya seperti Pemda, Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan Perikanan, Kementerian ESDM, Kementerian ATR, LIPI dan BPPT.

Kemudian terkait di Danau Maninjau, Menteri Siti menyatakan salah satu permasalahan adalah akumulasi sedimen sudah tinggi selama 12 tahun terakhir. Jumlah sediman telah mencapai 50,8 juta m3 dengan laju pertambahan sedimen sebesar 5cm/tahun yang meliputi luasan 3,66 km2 pada tepi Danau Maninjau. 

"Di Danau Maninjau teknologi yang digunakan berupa Ultrafine bubble dan Wetlands terapung, seperti yang dulu digunakan untuk membersihkan tumpahan minyak di Balikpapan," ujar Menteri Siti (ma).

Foto: abri

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala