Deklarasi Bali Tandai Ditutup KTT G20

Presiden Jokowi menutup KTT G20
Nusa Dua/Bali  (Indonesia Mandiri) – Presiden Jokowi secara resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar di Bali selama dua hari pada 15-16 November 2022.

Saat menutup KTT G20 di Hotel Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Provinsi Bali (16/11), Presiden merasa terhormat telah memimpin G20.

"Merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia untuk memimpin G20 selama satu tahun terakhir ini. Presidensi kami dimulai dengan harapan untuk menyatukan niat bersama dalam mewujudkan pemulihan dunia yang inklusif dari pandemi," ujar Presiden.

"Alhamdulillah hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders Declaration. Ini adalah deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022. Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua yang hadir yang telah memberikan fleksibilitasnya sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan," ucap Presiden.

"Saya juga ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh working groups dan engagement groups atas dedikasi, sumbangan pemikiran, dan kontribusinya bagi presidensi G20 Indonesia," tambah Presiden.
Berbagai kesepakatan lahir untuk perdamaian dunia
Selain deklarasi, presidensi Indonesia juga menghasilkan concrete deliverables yang berisi daftar proyek kerja sama negara anggota G20 dan undangan. Menurut Presiden Jokowi, proyek kerja sama inilah yang akan membantu membumikan kerja G20 lebih dekat dengan rakyat. 

"Memastikan G20 bermanfaat tidak saja untuk anggotanya, namun juga bagi dunia, dan utamanya negara-negara berkembang. Let us recover together, recover stronger," bahas Presiden (ma).
Lebih baru Lebih lama