Ancaman Politik Identitas Topik Diskusi Satupena

Sejarah Indonesia mencatat konflik identitas bernuansa SARA kerap terjadi
Jakarta (Indonesia Mandiri) – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi tentang ancaman politik identitas di tahun politik. Pada 2024, Indonesia akan mengadakan pemilihan umum dan pemilihan presiden.

Obrolan Hati Pena #63 tentang politik identitas itu akan diadakan di Jakarta pada Kamis, 10 November 2022, pukul 19.00-21.00 WIB, dengan pembicara Prof. Ali Munhanif, MA, Ph.D., Dekan FISIP UIN Jakarta. Diskusi akan dipandu oleh Elza Peldi Taher dan Amelia Fitriani.

Menurut panitia webinar, tahun politik membentang di depan mata. Salah satu kekhawatiran yang muncul menjelang pesta demokrasi tersebut adalah politik identitas, yang bibitnya perlu diwaspadai sejak dini.

Bukan tanpa alasan, politik identitas merupakan ancaman yang sangat berbahaya bagi ide berbangsa dan bernegara. Kehadiran kelompok-kelompok ekstrem politik bisa menimbulkan kerentanan dalam menjaga kerukunan masyarakat.

Bagaimana mendeteksi politik identitas? Apa yang bisa kita lakukan untuk menghindarinya jelang tahun politik? Itu akan dibahas dalam diskusi.
Webinar menampilkan pembicara Prof. Ali Munhanif
Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena63. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan (ma).

Foto: istimewa
Lebih baru Lebih lama