Masyarakat Bali Doakan Acara G20 Berlangsung Lancar

Sekitar 150 ribu orang ikut berdoa guna suksesnya perhelatan KTT G20
Bali (Indonesia Mandiri) – “Persiapan sudah 95 persen. Baik di GWK, jalan-jalan, Tahura, maupun venue di Apurva sudah siap. Malam ini oleh Bapak Gubernur Bali dibuat acara doa bersama. Ada 1.200 pemangku adat dan ada 1.493 desa adat seluruh Bali yang hadir. Ya kira-kira 150.000 yang berdoa bersama malam ini untuk kesuksesan G20 dan juga untuk kejayaan Indonesia,” ucap Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Panjaitan.

Luhut menghadiri Puja Genta Pinara dan doa bersama yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Bali di Peninsula ITDC, Nusa Dua (26/10). Luhut berpesan agar masyarakat Indonesia bersama-sama terus mendukung serta berdoa akan kelancaran Presidensi G20.

Melalui doa bersama ini, Luhut berharap agar pemimpin-pemimpin dunia yang akan berkumpul pada Presiden G20 nanti dalam keadaan damai, “Presiden Jokowi akan menjadi jembatan dalam mengatasi perbedaan-perbedaan tersebut. Upaya itu pasti dan sedang dilakukan,” tambah Luhut.

“Semoga doa bersama kita pada malam hari ini menjadi momentum meminta kepada Tuhan yang Maha Esa dan seluruh alam semesta agar mendukung segala usaha dan upaya kita. Supaya seluruh kegiatan KTT G20 Indonesia tahun 2022 dapat berlangsung dengan sukses, aman, dan lancar,” terang Luhut di hadapan para tamu saat prosesi doa bersama.

Berbagai persiapan kian dimatangkan. Seperti perkembangan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Kura-Kura Bali, dan The Apurva Kempinski Bali.

Dalam hal penanganan sampah, Pemerintah terus mengoptimalkan pengelolaan sampah, khususnya di Provinsi Bali. Adapun beberapa TPST yang menjadi fokus pemerintah, yakni TPSP Kesiman Kertalangu, TPST Tahura, dan TPST Padang Sambian.

Selain itu, GWK Cultural Park juga akan menjadi salah satu tempat pagelaran Presidensi G20. Nantinya, GWK akan menjadi tempat jamuan utama makan malam untuk Presiden Jokowi beserta para kepala negara KTT G20. Terdapat tiga fokus yang dibenahi, yaitu penataan gerbang, akses jalan, dan perbaikan fasilitas utama.
Menko Luhut turut hadir dalam doa bersama
Tak hanya itu, Jokowi beserta kepala negara G20 akan bertemu dalam puncak KTT G20 di The Apurva Kempinski. Nantinya, ballroom hotel ini sebagai lokasi penyelenggaraan KTT G20. Adapun beberapa lokasi utama yang menjadi bagian Presidensi G20, yaitu The Apurva Kempinski Bali sebagai venue utama KTT G20, GWK Cultural Park, Tahura Ngurah Rai, dan Hotel Sofitel Nusa Dua Bali.

Presidensi G20 2022 yang mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” ini diharapkan dapat memberikan hasil yang baik bagi dunia sebagai bentuk pemulihan pascapandemi Covid-19. Delegasi yang hadir pada Presidensi G20 terdiri dari kepala negara dan kepala lembaga internasional (ma).
Lebih baru Lebih lama