Bakamla-Secretary General for the Sea Perkuat Kerjasama

Kepala Bakamla RI  (kiri) bersama Deputy Secretary General for the Sea/SG Mere
Paris (Indonesia Mandiri) – “Saya berharap kedepan SG Mere dapat memberikan knowledge sharing untuk peningkatan kapasitas HACGAM”, ucap Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, saat bertemu dengan RADM Benoit De Guibert, Deputy Secretary General for the Sea (SG Mere) di kantornya, di Paris, Perancis (22/10).

Di sisi lain, RADM Guibert juga mengapresiasi peran serta aktif Indonesia khususnya Bakamla dalam capacity building bidang maritim di kawasan regional. Laksdya TNI Aan memberikan apresiasi atas bergabungnya Perancis dalam forum Head of Asian Coast Guard Agency Meeting (HACGAM) dan rencana Perancis menjadi Host pertemuan HACGAM tahun 2023 mendatang.

Laksdya TNI Aan (kanan) juga mengunjungi pameran Euronaval 2022 di Paris
Kedua pihak memiliki perspektif yang sama tentang pentingnya membangun maritime domain awareness guna menjamin keamanan maritim. Salah satunya melalui pertukaran informasi. Ini juga menjadi bagian rencana pengembangan kerjasama antara Bakamla RI dan SG Mere, yaitu mendorong pertukaran informasi dan peningkatan kapasitas melalui forum dan Diklat.

Pertemuan tersebut bersamaan dengan kunjungan memenuhi undangan EURONAVAL 2022 di Paris pada 18 hingga 22 Oktober 2022. Adapun EURONAVAL merupakan pameran peralatan dan sistem angkatan laut yang menjadi agenda tahunan di Perancis. Kesempatan ini menjadi sarana brainstorming pengembangan sistem dan kemampuan Bakamla RI di masa mendatang (bp).
Lebih baru Lebih lama