Bakamla RI Resmi Tutup Operasi Patroli Bersama

Kegiatan patrol bersama implementasi dari Perpres 13/2022
Jakarta (Indonesia Mandiri) – “Patroli Bersama yang berlangsung sejak Agustus 2022, merupakan patroli keamanan dan keselamatan laut nasional pertama kali dilaksanakan sejak disahkannya Peraturan Pemerintah nomor 13 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Keamanan, Keselamatan, dan Penegakan Hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia,” kata Laksda TNI S. Irawan, Sestama Bakamla RI, saat menutup Patroli Bersama Tahun 2022 di Jakarta (27/10).

Dijelaskan, Patroli Bersama ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia serta mewujudkan sinergitas guna pelaksanaan patroli yang efektif dan efisien dalam penggunaan sumber daya dengan tetap mengedepankan aspek keamanan nasional.

“Patroli Bersama melibatkan aset patroli Bakamla, TNI AL, Polair, Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC), dan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Republik Indonesia (KPLP),” tambah Laksamana bintang dua ini.
Sestama Bakamla RI Laksda TNI S. Irawan
Patroli Bersama Tahun 2022 telah berjalan secara aman dan lancar, dengan hasil signifikan untuk menaikkan indeks keamanan laut Indonesia secara nasional. “Hasil patroli seyogyanya tidak membuat kita berpuas diri, namun harus diikuti dengan evaluasi dan perbaikan pada aspek perencanaan dan pelaksanaan operasi bersama secara terus menerus, agar lebih efektif, efesien kedepannya,” pesan Laksda TNI S. Irawan (bp).
Lebih baru Lebih lama