TNI AL Berdayakan Masyarakat Pesisir Di Teluk Awang Lombok

Potensi maritim yang ada perlu melibatkan masyarakat setempat
Lombok Tengah/NTB (Indonesia Mandiri) – TNI AL melalui Pangkalan TNI AL Mataram gelar Karya Bakti Wilayah Perbatasan (Karbak Wiltas) pada 2022. Karbak Wiltas ini dipimpin langsung Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Mataram Kolonel Laut (P) Djawara Whimbo.
Kegiatan ini ditinjau langsung Sekretaris Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Sekdispotmaral) Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Aswan Candra, mewakili Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Suradi AS (1/9), di Posyandu Bahari Desa Pemekaran Awang, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat/NTB.

Puncak acara ditandai dengan penyerahan secara simbolis hasil Karya Bakti dari berupa renovasi Posyandu, renovasi rumah pintar dan renovasi tempat wudhu dan kamar mandi masjid kepada perangkat desa Pemekaran Awang, dan diakhiri dengan penyerahan bantuan sosial bahan kontak berupa sembako kepada masyarakat.

Dalam pesan Kadispotmaral dibacakan Kolonel Laut (P) I Gusti Putu AC menyebut, “Karya Bakti Wilayah Perbatasan TA 2022 TNI AL diharapkan dapat turut serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat serta mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan, khususnya di wilayah perbatasan yang sulit dijangkau melalui program-program kemasyarakatan yang menitikberatkan pada upaya pembinaan dan pemberdayaan potensi nasional di bidang maritim dan kedepan desa Awang ini akan menjadi kampung bahari nusantara.”

Ini menjadi upaya TNI AL mengoptimalkan pembinaan potensi maritim guna menyiapkan wilayah pertahanan laut dan pendukungnya secara dini sesuai Undang- undang TNI No 34/2004 tentang Tugas TNI Angkatan Laut, pasal 9 point e. yaitu “Melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut “

“Jalin Soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan,” ujar Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono, dalam berbagai kesempatan kepada jajarannya.
Pemberdayaan masyarakat pesisir bagian dari tujuan kehadiran TNI AL
Renovasi Posyandu di Desa Pemekaran Awang meliputi pendirian rumah pintar, kamar mandi dan tempat wudhu masjid, serta pembuatan bioflog ikan nila, di Desa Pemekaran Awang. Selain di NTB, juga dilakukan hal serupa di Lantamal VII Kupang, mencakup fisik dan non fisik. Antara lain berupa penyuluhan bela negara, protokol kesehatan dan bahaya Covid-19, virus cacar monyet, Stunting atau Gizi buruk pada Balita serta pelaksana Vaksin Covid-19 (ma).
Lebih baru Lebih lama