Super Garuda Shield Tampilkan Operasi Mobilitas Udara

Dukungan alutsista udara sangat penting dalam Latgabma
Palembang/Sumsel (Indonesia Mandiri) – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, mendampingi Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa meninjau latihan Gabungan Bersama Super Garuda Shield (Latgabma-SGS) 2022, di kawasan bandara Sultan Mahmud Badarudin II, Palembang, Sumatera Selatan (9/8).

Dalam Latgabma SGS, ada Operasi Mobilitas Udara (OMU) berupa Airlanded Alutsista Hirain/Himars Rapid Infilration and C-Rain (Caesar Rapid Infiltration). Latihan ini sebagai taktik operasi militer dalam manuver satuan artileri medan untuk mendukung tembakan melalui Meriam Caesar, maupun Roket Himars yang dilakukan oleh Angkatan Darat dan Angkatan Udara masing-masing negara.

Tim JTAC dan ARP mengontrol landing pesawat Hercules yang akan melaksanakan misi infiltrasi menuju ke daerah operasi di mandala operasi, yang membawa meriam 155 MM/GS Caesar dari satuan yonarmed 9/11 Kostrad.

OMU bertujuan mengangkut personel VVIP, Komando Kendali (kodal), memindahkan pasukan/personel, materiel dan logistik dari satu tempat ketempat yang lain dengan menggunakan wahana udara.
Panglima TNI bersama Kasau tinjau jalannya latihan
Latihan ini melibatkan dua pesawat Hercules, terdiri dari satu pesawat C-130HS TNI AU dari Skadrom Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma dan satu pesawat MC-130J dari 353 Special Ops Wing USMC, serta Meriam Caersar 155 MM Yonarmed 9/11 Kostrad TNI Angkatan Darat.

Latgabma SGS 2022 dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama dari pengalaman beberapa dekade negara peserta latihan. Selain itu juga menciptakan komunikasi antarpersonel negara peserta latihan dalam suatu operasi bersama (bp).
Lebih baru Lebih lama