Bakamla-Thai MECC Perkuat Kerjasama Kemaritiman

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan berikan penjelasan ke Pimpinan Thai MECC
Jakarta (Indonesia Mandiri) – Deputy Secretary General of Thailand Maritime Enforcement Coordinating Center (Thai MECC) Vice Admiral Imurai Sutad, kunjungi markas Bakamla RI di Jakarta dan diterima langsung oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia (30/8).

Kedua pimpinan membahas kerja sama konkret di saat kini dan mendatang. Indonesia-Thailand sama-sama negara pantai di Asia Tenggara, serta menghadapi tantangan dan kepentingan maritim serupa, seperti pembajakan, perampokan dengan senjata, imigran ilegal, perdagangan manusia, dan penyelundupan narkoba merupakan bentuk-bentuk kejahatan. Termasuk pula di sekitar Selat Malaka.

Berdasarkan tantangan bersama ini, Bakamla RI dan Thai MECC sepakat meningkatkan kerja sama dari hubungan bilateral menjadi partnership. Kerja sama akan dilakukan pada area peningkatan kapasitas personel, pertukaran informasi, pertemuan-pertemuan rutin, dan kerja sama kemaritiman lainnya yang disepakati bersama.
Kedua instansi sepakat memperkuat kerjasama
Laksdya TNI Aan Kurnia mengundang VADM Sutad untuk hadiri ASEAN Chief Coast Guard Forum akhir tahun ini di Indonesia. Hal ini tak hanya karena Thailand sebagai salah satu anggota ASEAN, namun juga Thai MECC telah berpartisipasi aktif pada kegiatan yang diinisiasi Bakamla RI, seperti Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting/HACGAM dan Maritime Security Desktop Exercise/MSDE (ma).
Lebih baru Lebih lama