Bakamla Tangkap Tanker Muat 90 Ton BBM Ilegal Di Batam

Tim Bakamla masuk ke tanker cek perizinan kapal
Batam
 (Indonesia Mandiri) – Bakamla RI dengan KN Marore-322 berhasil mengamankan kapal Motor Tanker (MT) Blue Star 08, diduga selundupkan bahan bakar minyak/BBM ilegal jenis High Speed Diesel (HSD) di perairan Sekuang Batam, Kepulauan Riau (26/8).

Saat itu KN Marore-322 yang dikomandani Letkol Bakamla Yuli Eko Prihartanto, tengah melakukan Patroli Bersama Keamanan dan Keselamatan Laut "Arkana I/22" di perairan Batam, dan mendeteksi sebuah tanker mencurigakan. Guna memastikan, komandan kapal menerjunkan tim VBSS dengan RHIB melaksanakan pengejaran dan pemeriksaan.

Kapal tanker diamankan di perairan Sekupang, Batam
Tanpa perlawan, pukul 16.06 WIB pada posisi 01° 14’ 30” U - 104° 59’ 12” T. Tim VBSS KN Marore-322 naik ke tanker. Didapati kapal tersebut membawa 90 ton HSD tanpa dilengkapi dokumen yang sesuai, tak ada manifest, bill of ladding, manning certificate, serta tujuan kapal tidak sesuai dengan port clearence. Hasil pemeriksaan awal, tanker melanggar tindak pidana Minyak dan Gas.

Untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut, Komandan KN Marore-322 Letkol Bakamla Yuli Eko Prihartanto memerintahkan MT Blue Star 08 ditangkap dan dikawal menuju pangkalan Batam (bp).

Lebih baru Lebih lama