TNI AL Gelar Diskusi Ilmiah Ekspedisi Jala Citra II Di Ambon

Ekspedisi Jala Citra II di Banda melibatkan banyak peneliti
Ambon/Maluku (Indonesia Mandiri) – TNI AL melalui Pushidrosal (Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL menyelenggarakan Diskusi Ilmiah tentang Progress Ekspedisi Jala Citra II – 2022 “Banda” di atas Geladak KRI Teluk Lada-521 dari jajaran Satuan Kapal Amfibi Koarmada III, yang bersandar di Dermaga Halong Lantamal IX Ambon, Maluku (21/7).

Diskusi ilmiah tersebut sebagai rangkaian kegiatan Ekspedisi Jala Citra II – 2022 “Banda”, digelar secara hybrid, dengan pemapar materi oleh perwakilan para peneliti tiap etape dan akan ditanggapi oleh para pembahas pakar kelautan dan akademisi, untuk lebih menajamkan, memberi saran masukan, serta melengkapi pandangan ilmiah para peneliti yang terlibat dalam kegiatan ekspedisi.

Ekspedisi Jala Citra II – 2022 “Banda” merupakan penelitian kolaboratif antara Pushidrosal bersama dengan Kementerian/Lembaga terkait, Perguruan Tinggi, dan Profesional serta Industri yang bergerak dibidang survei dan pemetaan kelautan.

Ekspedisi ini dalam rangka memperingati Peringatan Hari Hidrografi Dunia yang jatuh pada 21 Juni setiap tahunnya serta untuk menunjukkan peran dan kontribusi ilmu hidrografi sebagai salah satu displin ilmu terapan dalam agenda Decade of Ocean Science for Sustainable Development (2021– 2030) yang telah dicanangkan oleh PBB.
Salah satu alutsista Pushidrosal untuk kegiatan riset
Kegiatan bertema "Riset Kelautan di Wilayah Timur Indonesia dalam mendukung Pembangunan Kelautan Berkelanjutan," dibuka Komandan Pushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat, menghadirkan para pemapar, yaitu Kapten Laut (P) Affan Fadhilah, Peneliti dari Pushidrosal (Chief Scientist Etape 1), Triyono, M.T, Peneliti Pusat Riset Kelautan-BRSDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan (Chief Scientist Banda Naira), Dr. Luli Gustiantini, Peneliti Balai Besar Survei dan Pemetaan Geologi Kelautan, Kementerian ESDM, Kapten Laut (KH) I Wayan Sumardana, Peneliti Pushidrosal (Chief Scientist Etape 2), serta Ir. Irma Kesaulya, M.Sc Ph.D Peneliti Universitas Pattimura.

Sedangkan penanggap dari para pakar kelautan dan kebumian antara lain Dr. Ediar Usman (Kepala BBSPGL Kementerian ESDM), Prof. Dr. Armaidy Armawi (Ketua Program Doktor Tannas UGM), Dr. Irwan Meilano (Dekan FITK ITB), Prof. Dr. Henry Manik (Guru Besar FPIK IPB), Kolonel Laut (KH) Nawanto Budi, M.Si. (Kadisosemet Pushidrosal). Memoderatori acara ini adalah Prof. Dr-Ing. Widodo S. Pranowo yang merupakan peneliti dari Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN (ma).
Lebih baru Lebih lama