Lanud Halim Perdanakusuma Bisa Layani Komersial Mulai September

Rombongan Menhub jajal runway Bandara Halim PK
Jakarta (Indonesia Mandiri) – Penerbangan pesawat militer dan VVIP/VIP mulai pertengahan Juli 2022, dapat melaksanakan take off dan landing di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur. Kepastian ini terjawab setelah pelaksanaan uji coba runway Halim Perdanakusuma (12/7), yang ditinjau Menhub Budi Karya Sumadi dan Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono Putro.

Uji coba runway dilakukan dalam dua tahap, meliputi lepas landas dan mendarat, menggunakan pesawat khusus King Air 350i PK-CAP BBKFP. Pesawat sekaligus melakukan penerbangan di area wilayah Bekasi dan Depok Jawa Barat.

“Secara teknis runway Bandara Halim sudah bisa digunakan secara terbatas untuk latihan militer dan penerbangan VIP mulai besok (13 Juli 2022). Semoga September nanti sudah bisa digunakan untuk komersial,” ujar Menhub.

"Saya mewakili Kasau mengucapkan terima kasih kepasa bapak Presiden, Menteri Perhubungan, Menteri PUPR dan semua yang terlibat dalam perbaikan Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta," kata Pangkoopsudnas.

Secara terbatas bandara sudah bisa beroperasi pertengahan Juli ini
Revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma hingga saat ini terus mengalami progres, meliputi perbaikan runway dan taxiway, serta peningkatan apron. Selanjutnya dilakukan perbaikan sistem drainase dan pengelolaan air, perbaikan terminal VVIP, serta penataan fasilitas lain yang perlu disesuaikan dengan revitalisasi.

Usai dilakukan revitalisasi, Bandara Halim ditargetkan dapat kembali digunakan untuk melayani penerbangan komersial mulai September 2022. Langkah revitalisasi dilakukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat maupun udara, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan (ma).



Lebih baru Lebih lama