Indonesia Ajak ASEAN Plus Three Gairahkan Sektor Pariwisata Pascapandemi

Kedatangan wisatawan mancanegara terus meningkat ke Indonesia pascapandemi
Bali (Indonesia Mandiri) – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kemenparekraf dorong negara-negara anggota ASEAN Plus Three (APT) sinergi dalam membangkitkan sektor pariwisata pascapandemi.

Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani saat memimpin The 41st ASEAN Plus Three National Tourism Organizations (NTOs) Meeting secara virtual (6/7) menyampaikan pentingnya melanjutkan kerja sama yang selama ini terjalin pada ASEAN Plus Three, termasuk di sektor pariwisata.

“Kami berharap bisa melakukan kolaboraksi yang lebih kooperatif yang akan bermanfaat bagi masyarakat ASEAN serta Jepang, China, dan Korea,” ujar Giri.

Data dari Badan Pusat Statistik, kunjungan wisatawan asal China, Jepang, dan Korea ke Indonesia cukup signifikan, seperti dari China periode Januari-April 2022 berjumlah 15.202 wisatawan. 

"Kami terus memperkuat kerja sama pariwisata, saat ini kami melaksanakan kegiatan kolaborasi dengan Online Travel Agent (OTA) seperti Trip.com dan Tuniu. Kami juga memiliki rencana untuk melakukan Familiarization Trip dengan media dari China pada September 2022 di Labuan Bajo dan Bali," jelas Sesmenparekraf.

Selain itu, Kemenparekraf juga mempertahankan rute penerbangan China-Indonesia, melalui Garuda Indonesia, yakni rute Hong Kong-Jakarta dengan jadwal 1 kali per minggu dan Guangzhou-Jakarta setiap hari.

Sedangkan melalui China Selatan dengan rute Shenzhen-Jakarta dengan jadwal penerbangan setiap hari, dan melalui Cathay Pasific dengan rute Hong Kong-Jakarta dengan 1 kali per minggu.

"Pada kesempatan ini, Indonesia menantikan kerja sama lebih produktif dan bermanfaat dengan China termasuk untuk memperkenalkan beberapa produk pariwisata baru dan memiliki beberapa kegiatan bersama di masa depan," papar Sesmenparekraf.

Ni Wayan Giri Adnyani, Sesmenparekraf
Menurut Giri, Indonesia telah bekerja sama dengan Jepang dalam menyelenggarakan Familiarization Trip dengan media dari Jepang pada Februari 2022 di Bali.

"Dalam waktu dekat kami juga memiliki rencana untuk berpartisipasi dalam Tourism Expo Japan pada September 2022 di Tokyo," tambahnya.

Indonesia bersama ASEAN-Japan Centre (AJC) telah bekerja sama  meningkatkan kapasitas pengembang game melalui seminar dan Showcasing: the Rise of the Video Game Industry yang diselenggarakan di Bandung pada 22 Februari 2022 secara hybrid. 

Untum merja sama Indonesia dengan Korea, dari data statistik Indonesia tercatat pengunjung Republik Korea sekitar 6.887 pada periode Januari hingga April 2022.

Dalam suasana pascapandemi, Indonesia pro aktif mengurangi dampak COVID-19 di negara anggota ASEAN Plus Three, termasuk persyaratan perjalanan.

“Indonesia dengan senang hati menginformasikan pada pertemuan ini bahwa informasi mengenai kebijakan relaksasi, protokol kesehatan, serta persyaratan visa kami dapat dengan mudah,” ungkap Giri (dh).
Lebih baru Lebih lama