Ukraina Menegasi Perang Dengan Rusia

Jakarta (Indonesia Mandiri) – Sungguh ini jadi momen yang sangat dinanti oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, karena lewat pertemuan ini bisa menyampaikan semua keluh kesahnya, dari beratnya perang, dampak yang terjadi bagi rakyatnya, hingga tekanan dari negara adi daya dan sekutunya.

Presiden Jokowi nampak begitu sabar penuh kebapakan menyikapi situasi sulit yang tengah dihadapi atas kebijakan Zelenskyy yang ternyata tidak sesuai dengan harapan seperti saat negara lain memberikan pengaruh atas kebijakannya. Tentu saja Presiden Jokowi terus membesarkan hati Zelenskyy, seraya menawarkan berbagai solusi terdekat yang paling memungkinkan.

Adapun hal-hal yang lebih bersifat prinsipil, dan mendasar lainnya akan terus dibicarakan pada kesempatan selanjutnya setelah bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, karena selain harus hati-hati, juga agar tidak sepihak, sampai pada titik dimana ketiganya bisa duduk bersama dalam suasana yang menjanjikan.

Semua tidak ada yang instan dan ini bukan persoalan yang sederhana. Diawali dengan dialog lewat telepon yang dilanjutkan dengan pertemuan secara langsung, dan semoga niat luhur ini akan berakhir dengan kabar yang sangat menggembirakan bagi warga dunia.(FM)

Foto: (BPMI Setpres)
Lebih baru Lebih lama