Pencurian Batubara Di Samarinda Digagalkan Bakamla RI

KN Kuda Laut-403 Bakamla RI gagalkan aksi pencurian batubara
Samarinda/Kaltim (Indonesia Mandiri) – Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Bakamla RI dengan menggunakan KN. Kuda Laut-403, berhasil menggagalkan pencurian Batubara di Perairan Muara Tengah, Samarinda, Kalimantan Timur (21/6).

Proses penangkapan dilakukan personel KN. Kuda Laut-403, juga didukung laporan dan informasi masyarakat setempat. Berdasarkan laporan yang diterima, sejumlah nahkoda kapal ikan di Perairan Samarinda sering melihat tindak pencurian Batubara di area tersebut.

Saat dilakukan penangkapan, pelaku pencurian Batubara berusaha kabur. Tak ayal, personel Visit Board, Search, And Seizure (VBSS) KN. Kuda Laut-403 mengeluarkan tembakan peringatan secara terukur. Pencuri berusaha keras untuk kabur dan menghindar. Total sebanyak 17 tembakan dilepaskan, hingga akhirnya kelompok pencuri itu berhasil ditangkap.

Personil Bakamla juga menangkap semua pelaku pencurian
Berdasarkan pemeriksaan awal, berhasil diamankan 25 ton Batubara dan barang bukti lainnya. Sebut saja KM Remung yang berhasil diamankan, 11 buah sekop, 2 buah senjata tajam jenis parang, dan 1 buah palu.

Kini kedelapan pelaku sedang mendekap di tahanan KN. Kuda Laut-403. Hingga berita ini diturunkan, pelaku dan barang bukti dibawa ke Balikpapan, dengan tujuan menjauh dari wilayah kelompok pencuri (bp).
Lebih baru Lebih lama