Mesranya Masyarakat Dengan TNI, Saling Tukar Hasil Pangan

Mama-mama sering mendatangi pos TNI di perbatasan untuk menukar hasil kebun
Keerom/Papua
 (Indonesia Mandiri) – “Kedekatan masyarakat kepada Pos Somografi selama ini sangat berarti dan menimbulkan hubungan kekeluargaan yang erat, sehingga menghasilkan hubungan saling menguntungkan,” ucapn Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, di Kabupaten Keerom, Papua (8/6).

Hal menarik yang terjadi ini, sudah menjadi tradisi masyarakat perbatasan Papua-Papua Niugini/PNG dengan cara tukar hasil kebun. Ini untuk membantu menjalankan perekonomian masyarakat yang ada di Kp. Pabrab, TNI dari Satgas Pamtas Yonif 126/KC Pos Somografi lakukan barter dengan masyarakat setempat.

Salah seorang ibu beserta anak perempuan mendatangi Pos Somografi dengan maksud dan tujuan menukar hasil dari kebun yang ingin ditukar dengan bahan makanan atau (Naraga) dari Pos. Barter dengan menukar hasil bumi berupa sayur-sayuran, buah-buahan dan umbi-umbian melalui Mama-mama.

Suasana gotongroyong ini menjadi pemandangan umum di perbatasan Papua-PNG
Dalam hal ini Dansatgas juga menyampaikan, tukar menukar barang yang sudah menjadi rutinitas pada umumnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan ditukar dengan Naraga, Beras, Mie Instant atau Bumbu Dapur.

“Kami biasa menukar sayur-sayuran, buah-buahan serta umbi-umbian kepada bapak tentara, karena dengan cara ini kami bisa memperoleh bahan makanan yang kami butuhkan untuk kami konsumsi sehari hari. Terimakasih kepada bapak tentara yang selama ini baik kepada kami,” ungkap Ibu Falina Pull (ma).

Lebih baru Lebih lama