Bakamla RI Lakukan Trilateral Meeting Coast Guard Di Filipina

Suasana dialog pimpinan coastguard ketiga negara berlangsung sangat akrab
Filipina (Indonesia Mandiri) – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia melakukan pertemuan trilateral coast guard bersama Philipine Coast Guard (PCG) dan Agensi Penguatkuasa Maritim Malaysia (APMM) di Manila Filipina, Kemarin.

Pertemuan tiga kepala coast guard negara yaitu Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, Pengarah Agensi Penguatkuasa Maritim Malaysia Laksamana Dato' Mohammad Zubil bin Mat Som, dan Komandan Philippine Coast Guard Laksamana Artemio M. Abu berlangsung dalam suasana yang hangat dan akrab.

Kegiatan ini bersamaan dengan pertemuan ke-7 contact group on Sulu and Celebes Sea Regional Meeting yang membahas tentang isu keamanan maritim di seputar Laut Sulu dan Sulawesi. Sebagaimana diketahui, Laut Sulu dan Sulawesi merupakan wilayah perairan yang menjadi batas dari ketiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Filipina.

Pimpinan CoastGuard dari Filipina, Malaysia dan Indonesia
Para pimpinan coast guard memiliki pandangan sama tentang pentingnya keamanan maritim di Laut Sulu dan Sulawesi dari ancaman kejahatan maritim. Ketiganya juga sepakat meningkatkan kapasitas kerjasama melalui penentuan point of contact dalam pertukaran informasi, merencanakan coast guard coordinated patroli dan pelatihan bersama untuk peningkatan kapasitas personel.

Laksdya TNI Aan menyampaikan undangan untuk menghadiri Head of ASEAN Coast Guard meeting yang rencananya pada akhir tahun. “Kami mengundang Admiral Zubil dan Admiral Artemio untuk dapat hadir dalam pertemua tersebut. Kita harapkan kepala coast guard negara ASEAN memiliki kesepahaman dan saling percaya dalam mewujudkan keamanan maritim di Kawasan," jelassnya (bp).
Lebih baru Lebih lama