TNI Ikuti Latihan Trilateral Crocodile Response Exercise

Latma diikuti oleh tentara Australia, Indonesia dan Amerika Serikat
Australia
 (IndonesiaMandiri) – Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI Marsekal Pertama Kustanto mewakili Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI, menginspeksi puncak latihan Field Training Exercise for Human Assistance and Disaster Relief (FTX HADR) atau Latihan Bersama (Latma) Trilateral Crocodile Response Exercise 2022 yang tengah digelar di Nhulunbuy, Australia (17/5).

Dalam latihan ini, Waasops Panglima TNI terima paparan dari Letkol Mar Achmad Sahuri selaku Komandan FTX terkait pelaksanaan latihan dilanjutkan pemberian pengarahan kepada prajurit TNI yang terlibat pada Latma tiga negara tersebut.

Saat beri pengarahannya, Waasops menekankan kepada seluruh prajurit untuk memahami dan melakukan seluruh rangkaian latihan bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana dengan baik sehingga diharapkan selesai melaksanakan latihan.

Para prajurit tak hanya dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh, namun juga mampu mentransfer keduanya kepada rekan sesama prajurit di kesatuannya. Marsma TNI Kustanto juga meninjau water purification exercise atau dikenal dengan latihan penyulingan air yang didemonstrasikan oleh beberapa prajurit TNI, Australian Defence Force (ADF) dan Marinir AS.

Waasops Panglima TNI (kacamata) Marsma TNI Kustanto meninjau latma
Diskenariokan wilayah terdampak bencana mengalami kesulitan air bersih sehingga personel militer negara sahabat mengirimkan beberapa unit alat penyulingan air untuk mengatasi permasalahan tersebut (bp).

Lebih baru Lebih lama