Kisah Sukses Pariwisata Berkelanjutan Indonesia Di Forum UNWTO

Strategi pariwisata berkelanjutan Indonesia dijadikan contoh
Jakarta (IndonesiaMandiri) – "Kita memenuhi undangan dari President United Nations General Assembly yang menginginkan partisipasi aktif Indonesia dalam kebangkitan ekonomi, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dan memastikan pariwisata Indonesia berkelanjutan fokus pada pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas," kata Menparekraf Sandiaga Uno (4/5).

Menparekraf memenuhi undangan UNWTO (United Nations World Tourism Organization) di New York, Amerika Serikat, untuk menyampaikan keynote address tentang pariwisata berkelanjutan bertajuk "High Level Thematic Debate: Putting Sustainable and resilient tourism at the heart of an inclusive recovery" pada 4 - 5 Mei 2022.

Yang dipaparkan Sandiaga, terkait success story dan sharing best practices Indonesia melalui Kemenparekraf dalam upaya pemulihan sektor parekraf pascapandemi COVID-19. Serta Presidensi G20 di 2022 yang menjadikan Indonesia sebagai rujukan dan panutan dalam upaya pembangunan kepariwisataan dan ekonomi kreatif berkelanjutan.

Kisah sukses Indonesia di bidang parekraf dapat menjadi cermin bagi negara anggota PBB, khususnya G20, agar berpartisipasi aktif dalam Tourism Working Group dan forum multilateral lainnya. Menparekraf juga diundang secara khusus mengikuti diskusi tingkat tinggi PBB tentang kepariwisataan berkelanjutan.

Menparekraf Sandiaga Uno 
Salah satu langkah Kemenparekraf dalam mendukung pariwisata berkelanjutan adalah melalui program pengembangan desa wisata yang berbasis komunitas dan ekonomi berkeadilan bagi setiap lapisan masyarakat. Hal ini sesuai dengan rencana strategis organisasi pariwisata dunia (UNWTO) dalam upaya pemulihan pariwisata yang berkualitas untuk kesejahteraan masyarakat. 

"Selain itu kita juga akan menjelaskan posisi Indonesia yang secara tegas tetap akan mengundang Rusia dan kami akan menambah Ukraina pada tourism working Group yang pertama sesuai arahan Presiden RI yang jadi bagian dari G20. Jadi peran Indonesia inilah yang kita harapkan akan semakin membuka peluang untuk kebangkitan ekonomi, peluang usaha dan lapangan kerja, khususnya pariwisata berbasis masyarakat seperti desa wisata, program-program pemberdayaan UMKM dan digitalisasi," terang Sandiaga (ma).

Lebih baru Lebih lama