Kebangkitan Media Digital Jadi Obrolan Satupena


Jakarta (IndonesiaMandiri) – Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena akan mengadakan diskusi tentang berakhirnya era media cetak, dan apa yang harus dilakukan agar media cetak bisa tetap bertahan hidup. Sementara itu, media digital kini bangkit dan tampil mendominasi.

Obrolan Hati Pena #39 itu akan diadakan di Jakarta pada Kamis (26/5), pukul 19.00-21.00 WIB. Sebagai narasumber adalah tokoh pers yang juga anggota Dewan Penasihat Satupena, Ilham Bintang. Sedangkan pemandu diskusi adalah Amelia Fitriani dan Elza Peldi Taher.

Pada 2009, dua surat kabar Amerika Serikat yang berusia sekitar 150 tahun, yakni The Rocky Mountain News dan The Seattle Post Intelligencer, memutuskan berhenti terbit. Pada 2012, giliran majalah Newsweek menemui nasib yang sama.

Panitia webinar menyatakan, tutupnya media cetak di kancah nasional maupun internasional merupakan dampak perkembangan teknologi saat ini. Media cetak dihadapkan pada mahalnya biaya produksi. Selain itu, ada perubahan masyarakat dalam menggunakan media massa untuk mencari informasi. Masyrakat kini lebih banyak menggunakan media digital.

Media digital lebih lengkap dalam melaporkan peristiwa kepada pembaca. Laporan itu tidak hanya teks dan foto, tetapi juga tautan ke semua peristiwa sebelumnya, yang mengarah ke momen terakhir dari peristiwa bersangkutan.

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena39. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan (ma).
Lebih baru Lebih lama