Sinergi KKP-TNI AL Jaga Kelestarian Ekosistem Laut

Danpushidrosal (berbicara) beri penjelasan kepada Menteri KP (paling kanan)
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI/KKP  dan TNI AL sepakat memperkuat sinergi menjaga kelestarian ekosistem laut. Ini disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono kepada Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat di kantor Kemen KKP, Jakarta (11/4).

Kunjungan kerja (Kunker) Danpushidrosal ini dalam rangka meningkatkan kerjasama kedua institusi, yang selama ini sudah terjalin dengan baik untuk menjaga kelestarian ekosistem laut.

Menteri KP menyampaikan, kerjasamanya dengan TNI AL dalam hal ini Pushidrosal, di antaranya mengenai pengaturan, pemasangan kabel dan pipa bawah laut sesuai koridor, seperti diatur dalam Kepmen KP No 14/2021 tentang Alur Pipa dan/atau Kabel bawah Laut. Selain itu, kolaborasinya juga mencakup data kelautan hingga pembangunan wilayah pesisir menjadi lebih bersih tertata.

“Dengan kerja sama apik ini, saya optimistis kelestarian ekosistem laut dapat terjaga dan kesejahteraan masyarakat ikut meningkat” ucap Menteri KP. Sementara Danpushidrosal menuturkan secara umum tentang tugas pokok dan fungsi Pushidrosal sebagai lembaga Hidrografi nasional di bawah organisasi TNI AL.

Kedua lembaga saling memperkuat kerjasamanya
Salah satu fungsinya terkait dengan Kelautan dan Perikanan adalah pelayanan umum, dimana Pushidrosal sebagai penyedia resmi (official) Peta Laut Indonesia dan Publikasi Nautika untuk mendukung kelestarian lingkungan laut.

Pushidrosal, juga sebagai timnas dalam pengaturan pipa dan kabel bawah laut, siap mendukung  Kepmen KP No 14/2021 tentang Alur Pipa dan/atau Kabel bawah Laut  dan membantu KKP dalam daerah zona konservasi dengan mencantumkan dalam peta laut Indonesia, serta mendukung berbagi portal dengan KKP (ma).

Lebih baru Lebih lama