Satupena Diskusikan Makna Ramadan Dan Etika Beragama

Jakarta (IndonesiaMandiri) – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi tentang makna Ramadan dan cara kita beragama. Ini penting karena Ramadan adalah saat tepat untuk menghadirkan Islam dalam wajah yang humanis dan toleran.

Obrolan Hati Pena #36 itu akan diadakan di Jakarta pada Kamis (28/4), pukul 20.00-22.00 WIB, dengan narasumber Guru Besar Filsafat Islam, Prof. Dr. Mulyadhi Kartanegara serta diskusi dipandu Amelia Fitriani dan Elza Peldi Taher.

Panitia webinar menyatakan, inti pendidikan selama Ramadan melalui ibadah puasa ialah penanaman dan pengukuhan kesadaran yang sedalam-dalamnya akan Ke-Maha-Hadir-an Tuhan. Jadi, kesadaran ini yang melandasi ketakwaan dan membimbing seseorang ke arah tingkah laku yang lebih baik. Sehingga diharapkan ia tampil sebagai seorang berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia.

Ramadan merupakan bulan baik, momentum baik untuk juga "membersihkan" Islam dari sentimen negatif yang masih melekat. Webinar bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena36. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena.

Sebagai tambahan, Mulyadhi Kartanegara mengajar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ia salah satu pemikir Indonesia, yang mencoba menawarkan epistemologi Islam yang dikenal dengan mistiko-filosofis (ma).
Lebih baru Lebih lama