Pendekatan Pariwisata Sejukkan Peluncuran Side Event G-20

Alunan musik daerah menghiasi acara Side Event G20 Kemenparekraf
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Dengan memukul Gendang Tifa asal Papua secara bersama, semua perwakilan anggota G-20, dipimpin Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela H. Tanoesoedibjo, membuka Acara Pendukung atau Side Event G20 Parekraf, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta (20/4).

Diiringi lagu-lagu daerah dari Orchestra Trinity Youth Symphony Orchestra (Trust), menambah suasana acara sangat kekeluargaan dan bernuansa nusantara. Angela saat membuka acara mengemukakan, Kemenparekraf telah merancang beragam acara pendukung atau side event di seantero Indonesia untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Jadi, side event G20 ada yang sifatnya substantif dan non-substantif.

Acara Pendukung G20 yang substantif ditonjolkan diantaranya, International Wellness Tourism Conference and Festival (IWTCF), yaitu konferensi dan pameran mengenai kekayaan potensi herbal Indonesia untuk pemanfaatan kesehatan, anti penuaan dini, olahraga yoga, serta makanan sehat ala Indonesia. Kegiatan ini digelarKota Solo, Jawa Tengah, Agustus mendatang.

Lalu “Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) Conference 2022" pada 21 - 24 Juni di Bali, mempertemukan para investor Asia, penyedia sumber daya di seluruh dunia untuk berbagi pengetahuan, membangun kemitraan strategis,mengatasi tantangan sosial-ekonomi dalam skala besar. Serta "World Conference On Creative Economy (WCCE)", forum kolaborasi antarnegara guna peningkatan kesadaran atas pentingnya strategi industri ekraf, digelarpada 5-7 Oktober di Bali.

Sementara kegiatan non substantif, akan banyak diisi dengan upaya pemberdayaan UMKM Indonesia dalam Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), serta sederet paket perjalanan wisata di destinasi pariwisata unggulan, seperti Danau Toba, Bali, Lombok, Yogyakarta, Labuan Bajo, dan Bangka-Belitung. Dan, ratusan calender events di seantero Nusantara yang juga siap menerima kedatangan para tamu anggota G20.

Menparekraf Sandiaga Uno (pegang mic) ajak semua anggota delegasi bernyanyi 
Jelang azan Magrib dan Buka Puasa Bersama, Menparekraf Sandiaga Uno hadir, dan langsung menyapa akrab semua delegasi G20. Demikian Ketika jamuan makan malam, diselingi dengan alunan lagu Indonesia dan lagu asal negara anggota G20, dimana para tamu bisa ikut bernyanyi. Suasana ini menjadi sangat harmonis, dimana semua delegasi G20 bercengkerama, berdiskusi santai.

“Pendekatan pariwisata ini sangat sejuk. Sangat tepat untuk side event G20,” jelas Sandiaga, diakhir acara kepada wartawan. Para wartawan ada yang menanyakan terkait dampak krisis Rusia-Ukraina, namun pada acara Side Event Kemenparekraf tak terlihat sama sekali adanya ketidakharmonisan sesama anggota G20. “Delegasi Rusia juga hadir disini, juga yang lain,” ungkap Sandiaga (ma).

Foto: abri

Lebih baru Lebih lama