Nelayan Di Maluku Terbantu Dengan Program Mutiara Pattimura

Berapapun hasil tangkapan ikan nelayan akan ditampung dan dibeli
Tual/Maluku Tenggara
 (IndonesiaMandiri) – Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon bersama Danlantamal IX/Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina serta Manajemen PT SIS (Samudera Indonesia Sejahtera) dialog dengan kelompok nelayan (didampingi para Babinsa Kodim 1503/ Tual), guna mendorong perikanan melalui program Mutiara Pattimura, di Tual (19/4).

Kegiatan ini bertujuan untuk percepatan program Kodam XVI/ Patimura, yaitu Mutiara Pattimura kepada para Babinsa Kodim 1503/ Tual dan kelompok nelayannya. Pangdam berkesempatan meninjau perkembangan program Mutiara Pattimura bidang perikanan di Tual, diantaranya proses kerjasama nelayan dengan PT. SIS.

PT. SIS memberikan edukasi serta bantuan langsung gratis berupa batu es kepada para nelayan. Es ini digunakan untuk menjaga kualitas ikan hasil tangkapan sehingga harga jual tetap bagus. Selain itu, Pangdam juga meninjau proses penjualan atau penyaluran ikan dari nelayan kepada PT. SIS.  Berapapun hasil tangkapan ikan dari nelayan akan siap ditampung. Ini tentu peluang sangat bagus bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Saat dialog, terdengar adanya kendala dihadapi, seperti masalah perizinan kapal, persyaratan hasil tangkap yang berkualitas maupun bahan bakar minyak digunakan oleh nelayan. Menurut Pangdam, kendala tersebut terus dikoordinasikan  dengan sinergitas dari seluruh elemen, baik nelayan,  Kodim, Lanal, maupun dari PT. SIS yg diharapkan dapat berperan sebagai Bapak Angkat para Nelayan.

“Semuanya harus memiliki rasa tanggung jawab dan saling melengkapi dalam melakukan aktifitas, karena "Kebersamaan Adalah Kekuatan," jelas Pangdam, yang juga memotivasi nelayan sebagai Petarung Lautan yang memiliki semangat pantang menyerah menghadapi berbagai tantangan di lautan.  

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard (kiri) memegang salah satu jenis ikan 
Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Said menambahkan, khususnya pada masalah perizinan agar berkoordinasi dengan Lanal Tual maupun Lantamal Ambon.

Menariknya, melalui Program Mutiara Pattimura , Pangdam juga akan mengapresiasi kepada nelayan yang konsisten dalam perolehan hasil tangkapnya berdasarkan penilaian tim dari PT. SIS, Kodim dan Lanal untuk diberangkatkan ibadah umroh atau ziarah suci keagamaan (ma).

Lebih baru Lebih lama