Satupena Bahas Pemikiran Paulo Freire Soal Pembaruan Pendidikan

Jakarta (IndonesiaMandiri) – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, mengadakan diskusi tentang pembaruan pendidikan berdasarkan pemikiran Paulo Freire.

Diskusi akan menggali, bagaimana relevansi pemikiran Paulo Freire dalam konteks Indonesia

Obrolan Hati Pena #31 itu digelar di Jakarta pada Kamis (24/3), pukul 19.00-21.00 WIB. Sebagai narasumber adalah Mi’raj Dodi Kurniawan, pengarang buku “Pembaharuan Pemikiran Pendidikan Paulo Freire.” Pemandu diskusi adalah Anick HT dan Elza Peldi Taher.

Menurut panitia diskusi, buku ini penting dibaca secara kritis. Karena isinya  mengungkap jaringan filosofis dan teologis, yang mempengaruhi sang penggagas konsep pendidikan kaum tertindas tersebut.

Penulis buku bukan saja memaparkan sejumlah persoalan sosial, ekonomi, politik, dan budaya Indonesia kontemporer. Tetapi juga mengetengahkan solusinya, yang diadaptasi dari pemikiran Paulo Freire terkait pendidikan.

Solusi yang ditawarkan bagi persoalan kontemporer Indonesia, antara lain, menyuburkan optimisme, bersikap ksatria dalam menghadapi persoalan, memasifkan pemikiran kritis, dan mengarus utamakan budaya dialog.

Keseluruhan buku ini  isinya relevan dengan persoalan dan tantangan keindonesiaan sekarang ini, yang sedang berusaha menyukseskan gerakan literasi nasional.

Acara ini bisa diikuti melalui link zoom https://s.id/hatipena31 dan livestreaming melalui Youtube Channel: Hati Pena TV. Juga, Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan (lw).
Lebih baru Lebih lama