Pushidrosal Kawal Pengembangan Wisata Bahari

Pengembangan wisata bahari akan didukung penuh oleh Pushidrosal
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Komandan Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di kantor Kemenparekraf, Jl. Medan Merdeka Barat No.17, Jakarta (8/3).

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama antara kedua institusi yang selama ini sudah terjalin dengan baik serta  untuk meningkatkan wisata bahari di tanah air.

Danpushidrosal didampingi Asisten Operasi Survei dan Pemetaan LaksmaTNI Dyan Primana Sobaruddin dan Kadispeta Oke Dwiyana Pribadi diterima langsung Menparekraf bersama Deputi 1 Bidang Pemasaran Nia Niscaya, Direktur Hubungan Antar Lembaga Imam Santosa, serta Deputi 6 Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Rizky Handayani.

Secara umum Laksdya TNI Nurhidayat menyampaikan tugas pokok dan fungsi Pushidrosal sebagai lembaga Hidrografi nasional di bawah organisasi TNI AL.  Salah satunya terkait dengan Pariwisata adalah fungsi pelayanan umum. Dimana Pushidrosal sebagai penyedia resmi (official) Peta Laut Indonesia dan Publikasi Nautika untuk mendukung peningkatan Wisata Bahari.

Pushidrosal siap mendukung Kemenparekraf dalam setiap kegiatan yang berkaitan pariwisata perairan untuk menngembangkan pariwisata Indonesia, dengan menyediakan data berupa peta laut, baik peta kertas  dan peta elektronik (ENC) maupun  buku-buku nautika yang dibutuhkan.

Beberapa kegiatan telah dilaksanakan Pushidrosal dalam mendukung pengembangan wisata bahari antara lain, kerja sama Pushidrosal dengan Carnival Group  dalam penggunaan data ENC S 57 untuk meningkatkan kunjungan kapal pesiar (cruise), kegiatan survei Pushidrosal di Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata dengan status super prioritas.

Serta, penyiapan Peta Laut baik bentuk Kertas maupun Peta elektronik untuk keperluan kapal-kapal Yacth dan Cruise, membangun portal Indonesia Hydrographic Data Centre (IHDC) yang merupakan layanan hidrografi dapat di akses secara terbuka oleh para pengguna maupun pemangku kepentingan baik nasional maupun internasional, dan   kegiatan yang akan dilakukan Pushidrosal yaitu Ekspedisi Jala Citra II-2022 "BANDA".

Danpushidrosal (paling kanan) saat bertemu Menparekraf (batik merah)
Menparekraf sangat mengapresiasi kinerja Pushidrosal dan menyampaikan kebijakan strategis Kemenparekraf dapat didukung dengan produk Pushidrosal berupa peta dengan data akurasi tinggi yang dapat dimanfaatkan dalam memasarkan spot-spot wisata bahari seperti diving, yacht, serta boat race. Untuk itu pihaknya akan meningkatkan kolaborasi dengan memperbarui PKS antara TNI AL dengan Kemeparekraf dalam hal ini Pushidrosal (ma).
Lebih baru Lebih lama