Lini Bisnis Kargo Garuda Indonesia Terus Membaik

Armada Garuda Indonesia yang berbadan besar dan sedang siap untuk kembangkan kargo
Cengkareng/Banten
 (IndonesiaMandiri) – Meski badai menerpa flag carrier kebanggaan Tanah Air, Garuda Indonesia belakangan ini yang santer disebut bakal gulung tikar alias bangkrut, namun nyatanya ia masih tetap tegar mengudara. Menjadi kebanggaan bangsa, juga duta bangsa di seantero dunia. Garuda Indonesia (GA) terus melakukan berbagai terobosan untuk menopang usahanya.

 

Salah satu jenis usaha yang sedang digalakkan adalah unit kargo, baik untuk rute penerbangan domnestik maupun internasional. Berikut ini wawancara IndonesiaMandiri dengan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

 

IndonesiaMandiri (IM). Sejak kapan GA beri kebijakan lebih besar untuk bisnis kargo?

 

Irfan Setiaputra (IS): Tak dapat dipungkiri, situasi pandemi Covid- 19 mendorong terjadinya shifting behaviour pada tren bisnis industri penerbangan. Dimana kini lini bisnis kargo menjadi salah satu tumpuan utama pendapatan usaha industri penerbangan, termasuk Garuda Indonesia.

 

Di tengah penurunan trafik angkutan penumpang yang terjadi imbas kondisi pandemi sejak 2020 lalu,  GA saat ini terus mengoptimalkan lini bisnis selain penumpang, diantaranya bisnis kargo, charter dan ancillary revenue.

 

Sejalan dengan optimalisasi lini bisnis kargo yang menjadi revenue generator bagi perusahaan di tengah masih belum pulihnya penerbangan penumpang, GA mencatatkan peningkatan jumlah kargo per flight sebesar 6,6% dibanding periode sebelumnya yang berkontribusi pada kinerja  Desember 2021.

 

Di tengah upaya perusahaan untuk memberikan kontribusi positif untuk mendukung sektor UMKM, khususnya daya saing produk ekspor komoditas unggulan nasional pada Q4 2021, perusahaan mencatat peningkatan jumlah kargo yang diangkut pada penerbangan internasional sebesar 20% yaitu berkisar 25,3 ribu ton jika dibanding dengan Q3 dimana pada periode tersebut diangkut sebesar 21,1 ribu ton.

 

Adapun saat ini kami juga terus mengoptimalkan lini bisnis kargo diantaranya melalui pengoperasian passenger freighter, perluasan jaringan kargo dengan berbagai mitra, serta pembukaan berbagai rute khusus kargo yang dilakukan tak hanya sebagai upaya pemulihan kinerja. Tapi juga sebagai upaya  mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui penyediaan aksesibilitas udara bagi peningkatan daya saing produk unggulan ekspor nasional, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah.

 

IM. Ada berapa pesawat dialokasikan utk usaha kargo, baik domestik maupun internasional?

 

Produk perikanan kini paling dominan diangkut
IS. Dengan tren pertumbuhan positif tersebut, GA kini terus mengoptimalkan bisnis kargo yang dilaksanakan salah satunya utilisasi armada dengan  pengoperasian dua armada passenger freighter yang kini melayani sejumlah penerbangan kargo domestik maupun internasional . Pengoperasioan dua armada tersebut dilakukan tak hanya untuk meningkakan kinerja perusahaan. Tapi juga untuk mendukung  perluasan jaringan penerbangan kargo guna menunjang aktivitas direct call komoditas ekspor unggulan dan UMKM dari berbagai wilayah Indonesia.  

 

Selain mengoperasikan dua armada khusus passenger freighter tersebut, GA juga memaksimalkan lini bisnis kargo dengan pembukaan penerbangan khusus kargo ke destinasi internasional dalam mendukung peningkatan daya saing komoditas unggulan nasional.

 

Dan, dalam rangka memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa khususnya dalam menghadirkan ragam pilihan destinasi, kami juga memperluas jaringan internasional  pengiriman kargo melalui kerja sama transhipment cargo bersama dengan airline partner dan agen kargo.

 

Melalui perluasan jaringan pengiriman kargo tersebut, saat ini GA melayani 16 destinasi penerbangan di wilayah Eropa dan AS seperti Los Angeles, New York, Dallas, Atlanta, London, Brussels, Frankfurt dan kota-kota lainnya, dilayani melalui kerja sama dengan 10 airline partner. Kami juga bekerja sama dengan penyedia layanan logistik darat untuk meperluas jaringan pengiriman kargo di berbagai kota di Eropa.

 

IM. Untuk saat ini, rute kargo mana saja yang sangat besar keuntungannya baik domestik dan internasional?

 

IS. Sebagai national flag carrier tentunya  layanan rute penerbangan tidak hanya merupakan upaya perusahaan untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan. Namun di saat bersamaan juga merupakan bentuk komitmen GA untuk senantiasa berada di garda terdepan dalam menjembatani kebutuhan transportasi maupun pengiriman barang masyarakat khususnya dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional.

 

Adapun beberapa rute yang berkontribusi secara signifikan bagi kinerja perusahaan khususnya melalui permintaan charter atau sewa di antaranya adalah Bangkok, Sydney. Sementara itu untuk rute domestik di antaranya Balikpapan, Makassar, Timika dan beberapa rute lainnya.

 

IM.Komoditas apa saja yang dominan dilayani dalam jasa kargo?

 

IS. Saat ini, General Cargo dan Marine Product menjadi komoditas kargo yang dominan diangkut GA, khususnya pada penerbangan kargo dalam rangka aktivitas ekspor. Melalui penerbangan langsung di beberapa rute ekspor, dengan waktu pengiriman yang lebih singkat mengingat tidak perlu melakukan transit di kota lain serta cost logistic yang lebih kompetitif diharapkan akan dapat semakin meningkatkan daya saing kualitas produk komoditas unggulan nasional, khususnya bagi produk perikanan dan pertanian.

 

IM. Ada berapa pemda yang kini sudah menjalin kerjasama layanan kargo?

 

IS. Saat ini GA telah menjalin kerja sama layanan kargo dengan beberapa daerah seperti Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Bali, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bentuk kerja sama tersebut ditandai dengan dibukanya rute penerbangan khusus kargo, diantaranya Surabaya-Makassar-Hongkong, Semarang-Singapura, Denpasar-Manado-Narita, dan lain sebagainya yang mengangkut komoditas ekspor unggulan daerah.

 

Sementara itu, ke depan GA akan terus menjajaki peluang kerja sama dengan berbagai pemerintah daerah di Indonesia untuk menunjang aktivitas ekspor produk-produk unggulan daerah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Hal tersebut tentunya sejalan dengan upaya perusahaan memberikan kontribusi positif untuk mendukung sektor UMKM khususnya daya saing produk ekspor komoditas unggulan nasional yang diproyeksikan masih cukup menjanjikan. Adapun pada Q4 2021 perusahaan mencatatkan peningkatan jumlah kargo yang diangkut pada penerbangan internasional sebesar 20% jika dibandingkan dengan Q3 tahun 2021.

 

IM. Apa konsep ke depan untuk kembangkan bisnis kargo?

 

IS. Sejalan dengan kontribusi positif dari lini bisnis kargo ini, tentunya GA akan terus mengoptimalkan pengembangan bisnis Kargo baik melalui penerbangan regular maupun mekanisme charter. Lebih lanjut, sebagai upaya untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi para pengguna jasa,  GA juga akan mengembangkan jaringan penerbangannya melalui berbagai kerja sama dengan airline partner maupun perusahaan logistik lainnya.

 

Sejumlah Pemda sudah teken kerjasama untuk angkut
GA ke depan juga akan memperkuat feeder di berbagai branch office domestik untuk menunjang aktivitas pengiriman kargo ke destinasi tujuan internasional.  Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan kontribusi pendapatan kargo pada tahun ini dapat menyentuh kisaran 30 persen dari total pendapatan Perseroan, dimana sebelumnya   pendapatan kargo berada hanya berkontribusi  di kisaran dibawah 10 persen dari total keseluruhan pendapatan (ma).

Lebih baru Lebih lama