Kasau: RAAF Mitra Strategis TNI AU

Rombongan TNI AU dipimpin Kasau saat tiba di Canbera, Australia
Canbera/Australia
 (IndonesiaMandiri) – Disela-sela kunjungan dinas ke Australia,  Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memenuhi undangan Dubes RI untuk Australia Siswo Pramono.  Pertemuan berlangsung, di National Museum,  Canberra (20/3).

Kepada Dubes RI, Kasau menyampaikan berbagai kerjasama yang telah dibina dengan baik selama ini antara TNI AU dan Royal Australian Air Force ,(RAAF). "RAAF merupakan mitra strategis TNI AU di kawasan selatan. Sehingga berbagai kerjasama bidang latihan bersama dan pendidikan antara TNI AU - RAAF terus dilaksanakan, yang dalam beberapa tahun terakhir makin meningkat," kata Kasau.

Dubes RI  menyatakan dukungannya atas  kerjasama TNI AU - RAAF.  Serta dijelaskan kondisi geopolitik di kawasan terkini, khususnya terkait dengan hubungan bilateral Indonesia dan Australia.   Kasau juga menitipkan para Perwira TNI AU yang saat ini sedang melakukan penugasan maupun pendidikan di Australia.

Keakraban kedua pejabat makin erat, karena keduanya sama-sama pernah megenyam pendidikan tinggi di Australia.  Dubes RI alumnus Monash University dan Australia National University (ANU), sementara Kasau alumni Master Kebijakan Publik diDeakin University Melbourne.

Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (kanan) Bersama Dubes RI untuk Australia Siswo Pramono
Kedatangan Kasau ke Australia guna memimpin delegasi TNI AU menghadiri konferensi internasional Air And Space Power , di Canbera. Ini sekaligus sebagai kunjungan balasan Kasau Australia ke Mabesau Jakarta beberapa waktu lalu.

Konferensi internasional dengan topik Ketahanan Udara dan Inovasi Antariksa, diikuti puluhan pimpinan AU beberapa negara di dunia. Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah yang mendampingi Kasau, disebutkan delegasi TNI AU akan melakukan sejumlah agenda kedinasan di Australia.   Selain simposium, juga ada sejumlah agenda pertemuan bilateral dengan beberapa pejabat AU negara sahabat (ma).

Lebih baru Lebih lama