Badan Geologi Kementerian ESDM-Pushidrosal Jalin Kerjasama

Rombongan Badan Geologi Kementerian ESDM Bersama Komandan Pushidrosal
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM) dengan TNI AL melalui Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) pererat kerjasamnya. Hal ini ditandai dengan kunjungan Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono beserta staf ke Komandan Pushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat, di Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara (16/3).

Budi Lelono menyampaikan, kunjungannya bertujuan untuk penjajakan kerja sama yang dapat dilakukan oleh Badan Geologi dan TNI AL dalam hal ini Pushidrosal untuk ruang lingkup pertukaran data dan informasi dalam menunjang upaya mitigasi bencana geologi akibat aktivitas gunung api bawah laut, pemanfaatan data dan informasi hidro-oseanografi, peningkatan kemampuan sumber daya manusia, pelaksanaan survei lapangan bersama, publikasi dan diseminasi bersama.

Ditambahkannya, Badan Geologi merupakan salah satu unit teknis di bawah Kementerian ESDM yang bertugas menyelenggarakan penelitian, penyelidikan, dan pelayanan di bidang sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana.

Banyak bidang Kerjasama penelitian bisa dilakukan kedua lembaga
Danpushidrosal menyambut baik keinginan dari Badan Geologi, dan menyampaikan ini sebagai tindak lanjut dari Courtesy Call Danpushidrosal ke Kementerian ESDM pada 10 Maret lalu, sebagai bentuk kolaborasi yang nantinya dilanjutkan dengan penyusunan kerja sama saling menguntungkan antara kedua lembaga.

Dipaparkan pula peran Pushidrosal mempunyai tugas pokok menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi berupa Peta Laut Indonesia (PLI) dan Publikasi Nautika untuk keselamatan Pelayaran. Selain itu Pushidrosal melaksanakan tugas-tugas yang lain, misalnyai mitigasi bencana geologi (ma).

Lebih baru Lebih lama