Yogyakarta Miliki Tugu Pal Putih "Krullebol" Dari TNI AU

Kasau bersama Forkopimda didepan Tugu Pal Putih “Krullebol”
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Kepala  Staf Angkatan Udara/Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, kota Yogyakarta adalah kota penting dan bersejarah. Karena di kota ini TNI AU lahir. Kasau menyampaikan hal itu saat meresmikan Tugu Pal Putih Karbol "Krullebol" AAU di kesatrian Akademi Angkatan Udara/AAU Yogyakarta (3/2).

Pal Putih Karbol Krullebol AAU merupakan miniatur Tugu Yogya yang merupakan simbol iconik kota Yogyakarta.  Tugu Yogyakarta asli, berada  di perempatan Jl. Margo Utomo dan Jl Jend. Sudirman.  Tugu tersebut bagi masyarakat Yogyakarta, mempunyai nilai simbolis berupa garis imajiner bermakna sakral yang menghubungkan Pantai Parangtritis, panggung Krapyak Keraton Yogyakarta dan Gunung Merapi.

Kepada segenap civitas Akademika AAU, Kasau minta dengan berdirinya tugu ikon Yogyakarta di kesatrian  AAU, makin meningkatkan pemahaman Karbol terhadap budaya nusantara sekaligus mendekatkan karbol AAU dengan warga Yogyakarta.

Tugu yang baru ini di AAU diambil dari nama panggilan seorang pahlawan nasional, Marsda TNI Anumerta Prof. Dr. Abdulrachman Saleh, yang juga bapak ilmu faal Indonesia, menguasai teknik radio dan juga pendiri RRI (Radio Republik Indonesia).

Kehadiran tugu baru diharapkan lebih menyatukan para karbol dengan budaya nusantara
Dengan dibangunnya tugu ini, diharapkan dapat membangkitkan semangat para karbol AAU untuk mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi   dan dapat meneladani sosok Marsda TNI Anumerta Prof. Dr. Abdulrachman Saleh (ma).

Lebih baru Lebih lama