Pelaku Ekraf Mandalika Ikut Semarakkan Kunjungan Wisatawan

Menparekraf Sandiaga (kanan) tinjau pelatihan UMKM di Lombok Tengah
Lombok/NTB
 (IndonesiaMandiri) – "Sebanyak 50 peserta pelatihan ini berasal dari berbagai desa wisata, salah satunya desa wisata Rembitan di Dusun Sade. Mereka diberi pelatihan cara meningkatkan kreativitas dengan pendekatan kekinian," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Menparekraf Sandiaga Uno, saat meninjau pelatihan di Raja Hotel Kuta Mandalika, Lombok, NTB (11/2).

Pelatihan ini untuk menunjang sumber daya manusia di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), terutama jelang ajang MotoGP Maret nanti, yang bakal dihadiri banyak wisatawan mancanegara (wisman) dan nusantara (wisnus). Melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guna menghadirkan produk-produk kreatif, terutama kriya yang penuh inovasi.

Melalui pelatihan ini para peserta juga diberikan pengetahuan tentang cara memasarkan dengan memaksimalkan platform digital. Serta tidak kalah penting adalah bagaimana para pelaku dalam berkreasi selalu mengedepankan nilai-nilai berkelanjutan.

Produk ekraf di Lombok bakal semarakkan ajang MotoGP
"Tadi kita melihat sendiri bagaimana kain tenun digabungkan, dikombinasikan dengan limbah plastik dan bisa menjadi suatu produk ekonomi kreatif yang bukan hanya berkelanjutan, tapi juga sangat layak digunakan," jelas Sandiaga.

Ia optimistis melalui pelatihan ini para pelaku ekonomi kreatif dapat menghasilkan karya yang lebih memiliki daya tarik ke depannya.“Saya lihat tahun ini wisman yang akan hadir di Mandalika belum optimal karena masih pandemi. Tapi tahun depan dan tahun depannya lagi ini akan semakin banyak,” terang Sandiaga (ma).

Lebih baru Lebih lama