MotoGP Mandalika Gairahkan Ekonomi Dan Lapangan Kerja

Sarana akomodasi terus dibangun guna mendukung ajang MotoGP
Surabaya/Jatim
 (IndonesiaMandiri) – Ajang MotoGP Mandalika banyak diharapkan mampu gairahkan perekonomian nasional, khususnya di Nusa Tenggara Barat (NTB), serta naiknya kunjungan wisatawan, meluasnya pemasaran produk ekonomi kreatif, hingga terbuka luas lapangan pekerjaan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Menparekraf Sandiaga Salahuddin Unon saat memimpin rapat sinkronisasi pelaksanaan Moto GP Mandalika secara daring (22/2), mengajak semua pihak agar turut mendorong kesuksesan pelaksanaan MotoGP demi semakin terbukanya pemulihan ekonomi dan peluang lapangan kerja baru.

Pada 18 Februari 2022 lalu, Kemenparekraf telah menandatangani kesepakatan bersama dengan Dorna Sports untuk mengukuhkan Indonesia sebagai pemilik hak pelaksanaan MotoGP 2022 yang akan dilangsungkan pada 18-20 Maret 2022.

Selain itu, dalam rangka menyukseskan penyiapan infrastruktur penunjang gelaran ini, Sandiaga menyebut, pihaknya telah memantau langsung pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Mandalika. Ia juga memastikan kesiapan Glamping Mandalika yang menjadi salah satu lokasi penginapan bagi para penonton Moto GP.

"Saya mendapat laporan dan melihat sendiri that we're ahead of our schedule walaupun tentunya kita berdoa cuaca mendukung dan kesiapan faktor-faktor lainnya sehingga pengaspalan kembali ini bisa berlangsung lancar dan sukses," jelas Sandiaga.

Sementara Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto, menyampaikan telah  mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang untuk mendukung kelancaran MotoGP. Seperti pelebaran jalan provinsi di area utara kawasan Sirkuit Mandalika, pembangunan lokasi parkir di area timur dan barat, perampungan sarana dan prasarana di kawasan dalam sirkuit, serta pembangunan jalur shuttle bus di area selatan sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi.

Menparekraf Sandiaga Uno (kanan) cek sirkuit
"Jalan provinsi akan kita perluas dan saat ini sudah mulai terlihat pembangunannya. Kita harapkan nanti pada minggu pertama Maret 2022 sudah selesai menjadi empat jalur," kisah Hadi. Menurut Hadi, Presiden Jokowi sudah menargetkan jumlah tiket terjual di angka 63 ribu hingga 100 ribu tiket.

Sehingga, mantan Panglima TNI itu menilai perlu ada langkah-langkah promosi yang kuat agar penjualan tiket dapat mencapai angka yang ditargetkan dan sarana hunian pariwisata (sarhunta) di sekitar kawasan Mandalika dapat terisi optimal (dh).

Lebih baru Lebih lama