Genjot Ekspor Unggulan Nasional, Garuda Indonesia Buka Rute Kargo Bali-Jepang

Garuda Indonesia beri layanan penerbangan khusus Kargo dari Bali ke Jepang lewat Manado
Denpasar
 (IndonesiaMandiri) – Garuda Indonesia secara resmi mulai melayani penerbangan khusus kargo Denpasar – Narita yang akan terhubung langsung dengan penerbangan kargo dari Manado (2/2). Pada layanan perdana penerbangan khusus tersebut, Garuda Indonesia mengangkut sedikitnya 17 ton komoditas unggulan Bali, yaitu produk perikanan, khususnya ikan tuna dan ikan hias serta general kargo lainnya dengan armada A330-300 yang memiliki kapasitas angkut hingga 40 ton pada setiap penerbangannya.  

Layanan penerbangan Denpasar – Narita merupakan pengembangan dari rute Manado – Narita yang telah dilayani sejak akhir 2020 lalu dan merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia untuk mendukung daya saing komoditas unggulan nasional, khususnya Indonesia Timur dan sekitarnya yang dikenal dengan keunggulan produk kelautannya. 

“Di tengah berbagai langkah pemulihan kinerja yang saat ini terus kami intensifkan, pengembangan lini bisnis kargo merupakan fokus bisnis yang terus kami optimalkan, khususnya dalam melayani kebutuhan masyarakat. Sebagai national flag carrier tentunya menjadi komitmen kami untuk senantiasa berada di garda terdepan dalam mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi, khususnya di berbagai kota destinasi Garuda Indonesia,” kata Irfan Setiaputra, Direktur Utama Garuda Indonesia.

Irfan menjelaskan, “sebagaimana yang kita ketahui, Jepang dikenal sebagai salah satu negara dengan tujuan ekspor ikan tuna terbesar di dunia. Tentunya hal ini menjadikan Bali memiliki peran yang sangat strategis dalam ekspor komoditas perikanan nasional mengingat Bali merupakan salah satu penghasil ikan tuna terbesar di Indonesia.”

Penerbangan khusus ini dharapkan mampu gairahkan kembali perekonomian Bali
Gubernur Bali Wayan Koster menyambut baik dan mengapresiasi pembukaan penerbangan khusus kargo dari Denpasar menuju Narita oleh Garuda Indonesia. “Potensi ekspor produk pertanian, perikanan dan industri lokal branding Bali cukup tinggi dan sangat diminati oleh para buyer di luar negeri. Untuk itu diperlukan dukungan semua pihak termasuk Garuda Indonesia khususnya, dalam memperlancar logistik sehingga produk-produk tersebut di atas memiliki daya saing yang tinggi dan dapat sampai ke buyer tepat pada waktunya,” jelas Koster.

Perekonomian di Bali memang sangat terpukul karena dampak pandemi. “Harapan kami dengan adanya acara pelepasan [enerbangan kargo dari Bali ke Jepang dan negara tujuan ekspor lainnya akan dapat memulihkan dan mengembalikan denyut nadi perekonomian nasional, khususnya Bali yang terpuruk akibat Covid-19, dengan tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di tengah-tengah aktivitas masyarakat yang sudah mulai produktif,” ungkap Koster (ma).

Lebih baru Lebih lama