Satupena Akan Bedah Buku “Demokrasi di Era Digital”


Jakarta (IndonesiaMandiri) – Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA akan mendiskusikan buku “Demokrasi di Era Digital”. Buku yang diterbitkan oleh SATUPENA ini membahas Demokrasi Indonesia dari sudut pandang yang komprehensif, dari berbagai disiplin Ilmu.

Diskusi akan dilangsungkan di Webinar Obrolan Hati Pena #18, dengan nara sumber Chappy Hakim, Dr. Nasir Tamara, dan Dr. Catrini, berlangsung di Jakarta pada 16 Desember 2021, pukul 19.00-21.00 WIB. Sebagai pemandu diskusi adalah Elza Peldi Taher dan Anick HT.

Menurut panitia diskusi, buku yang  menuangkan ide 76 cendekiawan terkemuka Indonesia soroti apa yang telah, sedang, dan akan terjadi pada demokrasi Indonesia, serta pengaruhnya terhadap ekonomi, budaya dan politik Indonesia. Setelah lebih dua dekade memasuki demokrasi, banyak pengamat dan berbagai lembaga pemantau sebut Indonesia mengalami kemunduran Demokrasi.  

Laporan The Economist Intelligence Unit (EUI) menunjukkan, skor indeks demokrasi Indonesia cenderung menurun. Bahkan skor indeks demokrasi Indonesia mencapai 6,3 pada 2020, terendah dalam satu dekade terakhir. Padahal skor indeks demokrasi Indonesia sempat mencapai puncaknya, 6.97 pada tahun 2016.

Muncul pertanyaan: Apakah demokrasi sekarang senafas dengan tradisi dan budaya bangsa? Bagaimana dampaknya menghadapi disrupsi akibat Covid-19? Bagaimana di era digital? Acara diskusi bisa diikuti di link zoom: https://s.id/hatipena18. Juga melalui livestreaming: Youtube Channel, Hati Pena TV, facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan (ma).


Lebih baru Lebih lama