Home » » Masuki Usia 16 Tahun, Bakamla Perkuat Strategi Daya Tangkal

Masuki Usia 16 Tahun, Bakamla Perkuat Strategi Daya Tangkal

Posted by Berita Indonesia Mandiri on Desember 30, 2021

Kinerja Bakamla terus terasah dalam tugas kemaritiman
Jakarta (IndonesiaMandiri) – “HUT ke-16 Bakamla RI yang jatuh di akhir tahun pada 29 Desember ini hendaknya menjadi momentum dan refleksi bagi kita bersama untuk lebih baik di tahun depan. Tahun 2022 tentu akan tetapi dinamis dan kita harus siap menghadapinya. Untuk itu kita perlu menetapkan sasaran-sasaran strategis sebagai pedoman dalam menyiapkan diri menyongsong tahun 2022,” ujar Kepala Badan Keamanan Laut RI Laksdya TNI Aan Kurnia.

Bakamla gelar upacara hari ulang tahun ke-16 di lapangan Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat (29/12). Kepala Bakamla RI mengajak jajarannya bersyukur karena di usia yang kian matang, dapat mewujudkan jati diri dan perannya sebagai penegak hukum di perairan dan yurisdiksi indonesia sebagaimana di amanatkan UU No.32/2014.

Tidak saja dalam bidang operasi dengan penangkapan pelaku pelanggaran hukum dan ancaman di laut, dan dukungan SAR, dalam bidang Jakstra Bakamla telah menyusun sejumlah rekomendasi strategi kepada pemerintah dan juga dalam bidang kerjasama terus melakukan pembinaan dan pengembangan kerjasama dengan partner Coast Guard negara sahabat.

“Perlu disadari oleh para personel Bakamla bahwa Bakamla telah diamanatkan oleh Presiden sebagai embrio coast guardnya Indonesia. Ini berarti bahwa kedepan, Bakamla akan menjalankan secara penuh tugas dan peran Coast Guard yaitu security (keamanan), safety (keselamatan), dan defence (pertahanan, dalam hal ini sebagai komonen cadangan TNI AL di masa perang),” jelas Kabakamla.

“SDM Bakamla harus memiliki sikap perilaku, pengetahuan dan ketrampilan, serta kesamaptaan jasmani yang prima layaknya prajurit militer, sehingga tidaklah salah bahwa ASN Bakamla memiliki kualifikasi para militer. Itu yang mendasari pola pembinaan personel Bakamla membangun sistem pendidikan dasar yang bersifat semi militer atau disebut coast guard basic training,” tambahnya.

Personil Bakamla siap diterjukan disegala medan
Sepanjang 2021 banyak prestasi dicapai Bakamla, diantaranya bidang keamanan dan keselamatan laut antara lain, bidang operasi dan latihan telah melaksanakan operasi SAR terhadap kecelakaan pesawat Sriwijaya, menghalau kapal survei Tiongkok dan anomali kapal tanker Yunani, penangkapan kapal yang melaksanakan illegal transshipment, menggagalkan penyeludupan narkoba di Kep. Seribu, SAR wilayah, menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) yang melakukan illegal fishing, pengamanan Laut Natuna Utara (LNU) dan pengamanan Rig Noble.

Kini, Bakamla terus meningkatkan strategi daya tangkal terhadap perilaku atau anomali di ALKI (alur laut kepulauan Indonesia), menunjukkan intensi kuat terhadap penguasaan Laut Natuna Utara (LNU), meningkatkan kepercayaan stakeholder terkait terhadap Bakamla serta berhasil menyelamatkan potensi kerugian negara yang mencapai 4 triliun lebih dari berbagai penindakan atau penegakkan hukum (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Berita Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »