ICLEI Ajak Wartawan Sosialisasi Perubahan Iklim

Sampah di pesisir pantai menjadi salah satu bagian penting perubahan iklim
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Yayasan ICLEI untuk Indonesia (International Council for Local Environmental Initiatives), gelar lokakarya media bertema “Percepatan Pencapaian Target Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim” di Jakarta (7/12) secara daring dan luring, dihadiri lebih dari 50 peserta di berbagai media seluruh Indonesia. 

Kegiatan ini dimaksudkan mengajak peran media massa yang sangat penting untuk membantu  porsi dan cakupan pemberitaan informasi yang berimbang, bersumber dari pemerintah daerah (Pemda), pakar, aktivis lingkungan, masyarakat, terkait krisis iklim, perubahan lingkungan, serta terobosan inovatif membangun kesadaran kolektif peduli perubahan iklim.

“Oleh karena itu upaya pemerintah kota/kabupaten perlu didukung dengan pengumpulan data dan pembuatan profil iklim aksi daerah yang kuat, akan membantu pemangku kepentingan pada tingkat daerah untuk mendukung pemerintah nasional dalam akselerasi capaian NDC. Dalam hal ini ICLEI juga bekerjasama dengan mitra membantu pemerintah daerah untuk melaporkan data dan aksi iklimnya,” ucap Ari Mochamad, Countru Manager ICLEI Indonesia.

Mengusung tema besar One Planet City Challenge (OPCC), intinya ICLEI yang berdiri sejak 2010 dan bergerak di kota-kota Asia Tenggara, sorroti peran Pemda dalam mempercepat pencapaian target Nationally Determined Contribution (NDC). Karena, ini menjadi komitmen setiap negara untuk mencapai masa depan rendah karbon dan berketahanan iklim.

 

Transjakarta mulai memperkenalkan bis ramah lingkungan bertenaga listrik
Dalam lokarkaya ini, dihadiri pembicara berkompeten dibidangnya, seperti Ratnasari, Kepala Seksi Inventarisasi GRK Sektor Energi dan IPPU dari Direktorat Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan/KLHK,  Irfan Darliazi Yananto, Fungsional Perencana Direktorat Lingkungan Hidup dari Kementerian PPN/Bappenas dan Hendricus Andy Simarmata, Ketua Umum Ikatan Ahli Perencana (IAP) Indonesia..

 

Dari Lokakarya ini, diharapkan media dari seluruh Indonesia bisa melakukan laporan jurnalistiknya tentang perubahan iklim. Diharapkan, wartawan dapat memberi inspirasi dan edukasi kepada publik terkait perubahan iklim. Publikasi karya terbaik akan mendapat kesempatan mengikuti liputan ke kota dengan aksi iklim terbaik di Indonesia (ma).

 

Foto: abri

Lebih baru Lebih lama