Home » » Helikopter TNI AU Bawa Rombongan Panglima TNI Pantau Sekitar Semeru

Helikopter TNI AU Bawa Rombongan Panglima TNI Pantau Sekitar Semeru

Posted by Berita Indonesia Mandiri on Desember 06, 2021

Prajurit TNI AU bantu evakuasi warga di sejumlah desa Lumajang
Lumajang/Jatim
 (IndonesiaMandiri) – Rombongan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa meninjau lokasi sekitar Gunung Semeru dari udara, di sekitar Lumajang (Jawa Timur), menggunakan  Helikopter TNI AU jenis NAS-332 Super Puma (5/12). .

Panglima TNI didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Letjen TNI Suharyanto, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Jatim, dan Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Marsma TNI Zulfahmi.

Helikopter dari Skadron Udara 6 Wing 4 Lanud Atang Sendjaja Bogor diterbangkan oleh Kapten Pnb Eddo M. Angkasa, melakukan pantauan udara untuk  memetakan daerah-daerah terdampak erupsi, yang akan digunakan tim penanganan tanggap bencana. Setelah pemantauan udara, diadakan rapat bersama Gubernur Jatim, Kepala BNPB, dan Forkopimda Jatim lainnya.

Sebelumnya, prajurit TNI AU dikerahkan untuk membantu warga korban erupsi Gunung Semeru. Karena banyak warga yang masih “hilang”, dan proses pencarian memerlukan peralatan khusus, termasuk dari TNI AU.  .

Prajurit TNI AU yang terdiri dari unsur Denmatra 2 & Yonko 464 Paskhas, Rumkit, Fasint, Senkom dan PLLU Lanud Abdulrachman Saleh Malang, tergabung dalam Satgas penyisiran korban erupsi Semeru bersama unsur TNI -Polri dan Ormas lainnya, terutama di desa Sumber Wuluh kecamatan Candipuro, Lumajang,

Rombongan Panglima TNI dengan Helikopter TNI AU pantau situasi sekitar Gunung Semeru
Lokasi yang menjadi fokus penyisiran meliputi,  jembatan merah,  kawasan desa Curah Kobokan,  desa Perak, dan desa Bundali. Selain itu, di posko desa Sumber Wuluh,  tim kesehatan TNI AU juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada warga terdampak erupsi Semeru.  Pertolongan kesehatan yang diberikan berupa pemeriksaan umum, dan pemberian obat kepada warga yang rentan (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Berita Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »