Festival Diskon Nasional (FDN) 2021 kembali diadakan, sebagai bagian dari rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang telah d
Ajang FDN gairahkan produk lokal dari UMKM |
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan mengapresiasi dan berterima kasih atas kerja keras seluruh kementerian atau lembaga terkait yang telah sukseskan rangkaian FDN 2021 dan berharap bisa menaikkan nilai transaksi produk artisan atau UMKM khas dari seluruh Indonesia serta bersaing di pasar lokal dan dunia melalui ekosistem digital.
"Saya sangat berharap agar FDN ini mampu menaikkan nilai transaksi produk artisan atau UMKM kita. Ini juga sejalan dengan semangat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), untuk mencintai dan memakai produk karya anak bangsa," ujar Luhut secara virtual dalam pembukaan acara FDN 2021 di Creative Hall M-Bloc, Jakarta (4/12).
Terdapat perkembangan dari sisi kuantitas dan kualitas UMKM/IKM/artisan Indonesia yang masuk ekosistem digital. Secara nasional, sejak 14 Mei 2020 hingga Oktober 2021 terjadi peningkatan UMKM atau artisan onboarding sebanyak 100 persen atau lebih dari 8 juta unit. Sehingga telah ada 16 juta unit Artisan yang masuk ke ekosistem digital.
Luhut berharap agar 12 provinsi yang telah berhasil mengadakan Gernas BBI sepanjang 2021 dan berhasil untuk terus mendukung produk khas UMKM dan IKM dari daerahnya, tetap mendorong pertumbuhan UMKM dan IKM produk artisan Indonesia.
"Bali, Sumut, NTB, Jabar, Jateng, NTT, Sulut, Jatim, Aceh, Kaltim, Maluku, dan DKI Jakarta harus menjadi contoh bagi daerah lain dalam pengembangan produk UMKM dan IKM produk artisan Indonesia. Semangat BBI harus selalu dijaga dan diimplementasikan dengan cara melakukan bimbingan bagi para pelaku usaha mengembangkan produknya dan berinovasi," ajak Luhut.
FDN 2021 ini diselenggarakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Bank Mandiri selaku Campaign Manager. Menteri BUMN Erick Tohir dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi berharap agar FDN 2021 mampu memperkenalkan berbagai produk UMKM berkualitas dan berdaya saing tinggi dari Indonesia. .
Para UMKM juga terus dibina agar bermain di pasar digital |