Home » » KLHK Edukasi Masyarakat Cinta Puspa Dan Satwa

KLHK Edukasi Masyarakat Cinta Puspa Dan Satwa

Posted by Indonesia Mandiri on November 05, 2021

Dirjen KSDAE Wiratno (ikat kepala Sunda) menyaksikan pameran foto dan Popcast
Bogor/Jabar
 (IndonesiaMandiri) – Peringati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) di 2021, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), menyelenggarakan Podcast Edukasi Cinta Puspa dan Satwa sekaligus Pameran Fotografi Satwa Liar di area Mall Boxies 123, Bogor, Jawa Barat, 3 sampai 5 November 2021.

Tema Peringatan HCPSN tahun ini "Keanekaragaman Puspa dan Satwa: Aset Dasar Pemulihan Ekonomi Nasional", mencerminkan keinginan menjadikan perlindungan dan pelestarian Puspa dan satwa sebagai salah satu jalan memulihkan ekonomi nasional dimasa-masa Pandemi Covid 19.

Podcast edukasi ini merupakan rangkaian peringatan HCPSN tahun 2021 yang setiap tahunnya diperingati pada 5 November. Dengan podcast dan pameran fotografi puspa dan satwa, diharapkan semakin meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat pada flora dan fauna di Indonesia, seperti diutarakan Kepala Balai TNGHS Ahmad Munawir.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK Wiratno mengatakan, "saya kira acara seperti ini sangat bagus. Apalagi diselenggarakan di Mall untuk semakin mendekati ke generasi milenial perkotaan akan isu-isu pelestarian alam khususnya satwa dan puspa."

Peringatan HCPSN untuk sosialisasi ke generasi mileneal mencintai lingkungannya
Tujuan penetapan 5 November sebagai HCPSN agar dapat meningkatkan kepedulian masyarakat atas perlindungan, dan pelestarian puspa dan satwa nasional.  HCPSN pertama kali diprakarsai oleh Presiden Soeharto pada 1993 dengan mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional.

Kondisi hutan di wilayah TNGHS terus dijaga melalui kerja-kerja kolaborasi bersama para mitra dan masyarakat. Kawasan hutan disana juga menjadi sumber kehidupan banyak masyarakat adat kasepuhan Sunda, Banten juga Masyarakat Baduy (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Defense Equipment