Home » » Pantai Todak Dabo Singkep Berhasil Dikuasai Pasukan TNI AL

Pantai Todak Dabo Singkep Berhasil Dikuasai Pasukan TNI AL

Posted by Indonesia Mandiri on Oktober 26, 2021

Perintah pendaratan pasukan ke pantai sebagai pertanda Latihan Operasi Pendaratan Amfibi TNI AL dimulai
Dabosingkep/Kepri
 (IndonesiaMandiri) – Di keheningan pagi hari sekitar jam 03.00, sejumlah pasukan elit TNI AL menyusup dari kejauhan laut menuju Pantai Todak, Dabo Singkep, Kepulauan Riau (25/10).  “Daratkan pasukan pendarat,” perintah Panglima Komando Armada (Koarmada) I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, sekaligus sebagai Panglima Komando Tugas Gabungan Operasi Pendaratan Amfibi (Pangkogasgabfib). 

Serbuan amfibi di Pantai Todak yang dalam skenario pertempuran ini telah dikuasai musuh, dan harus direbut kembali. Berbagai alat utama sistem senjata (alutsista), seperti lendaraan tempur (Ranpur) Korps Marinir, satu demi satu keluar dari kapal-kapal angkut jenis LPD, LST dan AT/ATF membentuk gelombang pendaratan sesuai jenis Ranpur.

Bantuan Tembakan Kapal (BTK) dari KRI Raden Eddy Martadinata (REM)-331, KRI I Gusti Ngurah Rai (GNR)-332, KRI Fatahillah (FTH)-361 dan KRI Malahayati (MLH)-362, memberikan perlindungan bagi pasukan pendarat dan menetralisir kekuatan musuh di Daerah Serbuan Amfibi (DSA).

Lebih dari empat ribu pasukan TNI AL terlibat dalam latihan pertempuran terbesar di masa pandemi
Perebutan sasaran Pasrat dan sasaran Kogasgabfib dimulai saat Tank Amfibi pertama memasuki pantai. Selain melakukan penyerbuan dengan menggunakan metode Gerakan Kapal Ke pantai (GKK), juga GKK Lintas Heli. Latihan terbesar TNI AL ini melibatkan 4.252 Personel, 33 Kapal Perang, 22 Pesawat Udara TNI AL dan 42 Material Tempur Korps Marinir (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Defense Equipment