Home » » Kebangkitan Kaum Perempuan Pengaruhi Kemajuan Bangsa

Kebangkitan Kaum Perempuan Pengaruhi Kemajuan Bangsa

Posted by Indonesia Mandiri on Oktober 24, 2021

Beberapa negara di Timur Tengah beri banyak kebebasan kaum perempuan
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Kemajuan suatu bangsa atau negara tidak cukup dilihat semata-mata dari kemajuan teknologinya. Tapi bisa diukur dari kemajuan kaum perempuannya. 

Sedangkan berbagai riset internasional menunjukkan, kemajuan kaum perempuan di dunia Muslim termasuk yang paling buruk.

Hal itu diutarakan Denny JA, Ketua Umum Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA,  dalam Obrolan HATI PENA #10 secara daring, bertema “Masa Depan Kebebasan Perempuan di Dunia Muslim.”  diselenggarakan oleh SATUPENA, di Jakarta (24/10).

Diskusi ini menghadirkan nara sumber Prof. Dr. Musdah Mulia, penulis buku “Ensiklopedi Muslimah Reformis” dan Founder MR Foundation serta dipandu Swary Utami Dewi dan Anick HT.

Bicara tentang kebebasan perempuan menjadi penting karena di banyak  negara, separuh populasi adalah perempuan. Namun, dalam memperjuangkan kebebasan kaum perempuan di dunia Muslim, ada dua pertanyaan yang harus dijawab. “Pertama, seberapa bebas yang mau kita perjuangkan,” bahas Denny.

“Kedua, ketika kita berjuang demi hak asasi manusia (HAM) bagi kaum perempuan, versi HAM mana yang mau dipakai?” tambah Denny. Karena saat ini ada dua versi HAM: versi HAM universal dari PBB dan versi HAM dari dunia Muslim.

Denny JA
Mengutip buku karya Musdah Mulia, Denny menyatakan, dalam memperjuangkan konsep “muslimah reformis,” juga ada variasi dari reformis lunak (soft) ke reformis keras (hard). Peran perempuan di medan perang, seperti Cut Nyak Dhien, dan di bidang keilmuan, umumnya sudah diterima di banyak negara Muslim. Ini termasuk reformis lunak.

Tapi ada reformis keras. Seperti Amina Wadud, aktivis yang menganggap perempuan boleh memberi kotbah Jumat dan menjadi imam solat Jumat. Juga Ani Zonneveld, yang membolehkan pernikahan beda agama, pernikahan sejenis, dan mendukung hak-hak kaum LGBT (dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Defense Equipment