Home » » Desa Wisata Saung Ciburial, Ikon Pariwisata di Garut

Desa Wisata Saung Ciburial, Ikon Pariwisata di Garut

Posted by Indonesia Mandiri on Oktober 19, 2021

Berbagai atraksi budaya ada di Desa Wisata Ciburial
Garut/Jabar
 (IndonesiaMandiri) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menginginkan Desa Wisata Saung Ciburial yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 menjadi ikon baru untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif/parekraf di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Menparekaf saat melakukan visitasi 50 besar ADWI 202, di  Desa Wisata Saung Ciburial (18/10) menjelaskan, desa ini memiliki daya tarik wisata alam dan buatan kreatif seperti aktivitas edukasi berkebun dan budaya garut, lanskap sawah, paket wisata outbound dan camping ground, peternakan domba Garut, dan masih banyak daya tarik potensial lainnya.

Sandiaga didampingi Bupati Garut Rudy Gunawan, Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, Anggota Komisi VII DPR RI Mulan Jameela, Anggota Komisi VII DPR RI Subarna, serta Direktur Tata Kelola Destinasi Berkelanjutan Kemenparekraf Indra Ni Tua saat mmendatangi Desa yang berada di ketinggian 1.019 meter di atas permukaan laut itu.

Nama Ciburial diambil dari nama sumber mata air yang sampai saat ini dimanfaatkan warga setempat untuk berbagai keperluan. Untuk kegiatan desa wisata sendiri mata air Ciburial ini dijadikan ikon serta lokasi pintu gerbang desa wisata. Desa yang berada di ketinggian 1.019 meter di atas permukaan laut itu,

Keindahan alam dan keramahan warganya menjadi nilai lebih desa wisata ini
Mengusung tema wisata edukasi, wisatawan yang datang bukan hanya menikmati berbagai sajian paket wisata yang ditawarkan, melainkan juga menyaksikan berbagai potensi kearifan lokal yang ada di desa dengan kemasan unik berupa berbagai potensi alam, budaya, sosial, serta kegiatan ekonomi warga.

Di sana juga terdapat Kaulinan Barudak Urang Lembur atau KABARULEM yaitu sebuah pertunjukan yang dimainkan oleh anak-anak yang menampilkan berbagai macam permainan dan juga lagu-lagu tradisional yang hingga kini masih dimainkan oleh anak-anak di desa Saung Ciburial untuk kelestarian budaya (dh/ad).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Defense Equipment